Pengikut

Perkembangan Internet Marketing

Jarang nih edittag menulis tentang internet marketing di sini. Selain memang belum jago di bidang ini, oke lah kalo diturunin sedikit levelnya ke taraf pembelajar, namun acapkali pertanyaan tentang hal ini sering menghampiri edittag.

Selesai syuting di Metro TV kmarin misalnya, Pak Doni Teguh, selaku Marketing Manager Rumah Produksi Broadcast Design Indonesia, menghampiri edittag di sela rehat. Tentu pertanyaan tentang Internet Marketing mengemuka karena sebelumnya sempat briefing mengenai perkembangan internet dan peluang mencari penghasilan disana. Oh ya, jangan lupa kamis nanti ya di Metro TV jam 21.30 nonton edittag (promosi mode on).

Beberapa hari lalu edittag juga menerima email dari temen di Jogja. Dia sekarang sedang menimba ilmu di MM UGM. Bukan hal mudah untuk kuliah di sana kan? makanya senang aja saat edittag menerima email dari teman sesama alumni UGM (ups, ini ga penting ditulis ya).

Intinya juga menanyakan hal yang sama : Internet Marketing. Kebetulan dia sedang membuat penelitian untuk tugas akhir. Tentu dalam posisi ini, pertanyaan yang dikirimnkan juga tak cuman satu. Karena sebanyak mungkin info yang bisa diterima tentu akan memperkaya tulisan akhirnya. Maka tak heran bila pertanyaan juga tak cukup satu atau dua. Misalnya "bagaimana sih pertumbuhan internet marketing di Indonesia saat ini? apakah akan ada prospek yang bagus kalu sebuah perusahaan ngambil jalur marketingnya di Internet? pengguna internet sendiri di Indonesia seperti apa?"

Wah kalo jawaban ilmiah tentunya harus diimbangi dengan angka-angka ya, biar lebih meyakinkan. Cuman sayangnya tak ada angka-angka yang bisa edittag sertakan di email balasan. Edittag masih lebih sering memantau jumlah blogger di Bandung (eh skarang sudah mencapai 13047 yang tercatat terakhir di Blogger.com). Lalu apa jawaban edittag?

Hanya kalimat sederhana (sesuai sama pengetahuannya nih, takut ketahuan bodohnya) bahwa arah perkembangan internet marketing di Indonesia tahun-tahun belakangan ini memang sedang mengalami momen yang bagus. Bukti yang mudah untuk ditemukan adalah makin banyaknya pihak yang melirik internet bukan sekedar memiliki website untuk perusahaan, namun juga kini banyak pihak yang secara personal secara bebas dan vulgar berani menjual barang atau pun jasa di internet meski baru tahap pembalajaran.

Lihat saja banyaknya member afiliasi di Indonesia yang rela membayar puluhan hingga ratusan ribu untuk mendapatkan produk yang katanya bisa mendapatkan keuntungan. Dari sini mereka akhirnya berani untuk menjual dan mencicipi keuntungan dari peanfaatan internet.

Bila yang berbayar saja laku, tentu ini juga berlaku berlipat kali bagi yang gratisan. Hal yang juga berlaku untuk pengiklan nih. Banyaknya program-program pengiklan lokal bisa jadi bukti. Mesti jumlahnya makin lama makin bertambah banyak, pengiklan juga makin banyak. Meski produk yang ditawarkan juga kebanyakan masih serupa. Coba perhatikan iklan-iklan di blog ini dari Kliksaya.com dan Kumpulblogger.com di blog ini.

Eit, tapi meski tetap diingat, bahwa internet marketing mengalami penyusutan makna karena banyaknya iklan bersliweran di internet. Kesannya adalah, internet marketing berupa afiliasi. Artinya kita bisa sukses dengan mengikuti program yang sudah kita beli. Lalu begitu kita publikasi dan prmosi maka kita sudah menganggap langkah internet marketing sudah dijalankan.

Edittag lebih setuju dengan sesi internet marketingnya Pak Nukman Luthfie di Pesta Blogger lalu. Bahwasanya ada ilmu yang bisa dipelajari untuk menguasainya. Hal-hal seperti kepemilikan website, blog, promosi, membuat betah pengunjung, branding produk, dan juga layanan konsumen yang baik adalah beberapa elemen yang tak kalah vitalnya di sini.

Jadi inget nih, kmarin ada yang mengaku salah beli buku edittag. Tadinya hasanudin berniat membeli buku tentang service TV. Eh pilihannya malah jatuh kepada buku kuning edittag, hanya karena tergiur dengan tulisan dollar di sampulnya. Mau tahu alasannya? karena dia pernah liat di internet tentang dapet duit dari internet!

Tuh kan, internet marketing memang bisa memesonakan seorang yang tadinya berniat menjadi tukang service TV!.



13 komentar:

  1. Anonim10:04 PM

    well, disadari atau tidak setidaknya sudah banyak "rakyat" indonesia yang sudah "melek" dengan media ini. dari hanya sekadar coba2, penyaluran, eksistensi jati diri, hingga mulai "percaya diri" dengan mencoba melirik internet sebagai media marketing produk dan jasa. setidaknya saat ini, bila saya mengetikkan "keyword" pada google yang notabene "produk indonesia" sudah mulai banyak yang muncul di daftar result. yah, cukup membanggakan saya kira. dan media broadcast pun mulai "melebarkan sayap" dengan menambah konten-nya dengan internet melalui podcast, blog, tv-online, etc. Harapan saya, moga2 internet bisa tersedia ke pelosok-pelosok, hingga tidak ada dalih lagi sebagi daerah "terisolasi dan terpencil". Penggunaan Internet sebagai media marketing sendiri mungkin juga cukup menggembirakan. sebelumnya sudah hal lumrah bila produsen "besar" selain menyediakan "support dan help service"-nya juga sebagai media promosi. kini UKM di daerah pun sudah menggunakan media ini sebagai media promosi dan korespondensi dengan pihak luar. saya punya teman di jepara yg mempunyai usaha kerajinan tangan (ukir red) dari awalnya hanya berminat membuat e-mail sebagai media korespondensi, kemudian memberanikan "menjual" diri (maaf jasa)-nya. yah memang memerlukan waktu, tetapi kesabarannya membuahkan hasil. pelan tapi pasti, mulai ada orang asing yang berniat membeli produk beliau. mulai dari hanya zona asia tenggara hingga kini mulai merambah eropa (konsekuensinya beliau mulai rajin kursus bahasa kulon :p). contoh ini merupakan refleksi bagaimana "membantu"nya media internet sebagai wadah promosi bagi produk dan jasa tersebut.
    semoga makin banyak "rakyat" indonesia yang makin "melek" dengan internet.....

    regards,
    MyAvatarInside
    http://3dsmaxsupport.blogspot.com/

    BalasHapus
  2. Benar mas agus internet marketing indonesia masih dalam tahap pembelajaran. Ini yg selalu saya lihat di iklan PPC, PTC Indonesia yg iklannya "itu-itu saja".

    BalasHapus
  3. Anonim6:43 AM

    Kalau pengguna Internet kayaknya sudah banyak deh mas,tapi yang jadi masalah kebanyakan mereka tidak menyukai hal2 yang berbau marketing.Itu menerut pantuan saya.

    BalasHapus
  4. Anonim1:08 PM

    di sini betah nggak ya?

    oh alumi UGM tha?
    baru tau .

    BalasHapus
  5. Hihihihi... iya nih, sekarang banyak orang yang banyak menjual mimpi...... Padahal dalam kenyataanya, ga semudah yang ada di sales letter.....

    hahahahaha....... setelah banyak orang yang tahu sistem pemasaran 'mimpi', kira-kira penjual mimpi masih bisa dapet uang ga, ya??? Hihihihi.....

    BalasHapus
  6. Sayangnya para pemula yang belajar internet Marketing pengennya cepat dapet hasil, padahal semuanya perlu proses. Saya tunggu kamis jam 21.30 ya...

    BalasHapus
  7. Anonim5:38 PM

    ya sejauh apa harapan kita untuk tahu....mungkin kelak akan dapat mengetahui sejauh apa yang pernah kita tahu...tak berarti tukang servise Tv sekalipun.
    Intmarketing, trend saat ini, bukan berari akang jarang nulis ttg itu disini, tapi ada satu pembelajaran untuk bersama, berbagi istilahnya...apa harapan yang ingin didapat oleh seorang pembaca,...akang telah memberikannya...begitu menurut ilmu pak Nukman. salam Kang

    BalasHapus
  8. Anonim8:49 PM

    saya juga ingin belajar tentang internet marketing, pasti ilmu ini akan memberikan manfa'at bagi kita semua.... jadi, Kang Agus sebaiknya lebih sering lagi nulis tentang internet marketing... seperti yang disebut diatas, "ada ilmu yang bisa dipelajari untuk menguasai bidang ini"... maka kita semua sebaiknya tahu ilmu-ilmu itu.......

    http://carakusehat.blogspot.com

    BalasHapus
  9. Anonim10:03 PM

    saya baru saja liat acarana di metro tipi.. wooh keren om tampil bareng melanie subono... keyeen.. :)

    BalasHapus
  10. Buat Bang Ir dan Hany : makasih, moga lain kesempatan bisa nulis tema internet marketing lebih sering. Ilmu memang lebih nancep dan lebih menyebar kalo ditulis lewat blog ya.

    pro ika : duh malu sama melanie, tampilanku mestinya ikutan ngerock ! :D

    BalasHapus
  11. Anonim3:24 PM

    belajar belajar
    terus
    praktek praktek praktek praktek praktek
    terus
    dapet deh hasilnya...
    semoga

    Jaya terus internet marketing INDONESIA...

    BalasHapus
  12. bener tuh mas,.... kan dah banyak fansnya
    kayaknya musti kudu sering2 nulis tentang cara dapetin duit dari internet yang bener. biar pada ngerti tuh orang2 termasuk aku.... he..he..he...
    kasih inpo buat program afiliasi, ppc/ptc yang terpercaya dan terbukti bayar.
    sorry nih kalo komentnya katrok. maklum bloger baru....xi..xixi

    BalasHapus
  13. wadooouw....
    lebih kelihatan katroknya nih
    posting 2 tahun lalu baru koment sekarang...
    hihihihihi....
    sory ya mas, tar tak bacae semua dulu
    linkback ke blokku ya mas
    www.menjelajahidunia.blogspot.com

    BalasHapus

Kamu bisa dapetin ilustrasi wajah yang sesuai dengan wajah kamu di moselo.com/Bikingemeys. Jangan lupa ada promo jika pesan dari aplikasinya langsung.

Postingan Populer