Pengikut

16 April 2009

Adsense Tak Lagi Terima Blog Belia

Jangan salah baca blogger belia loh ya, karena judul di atas menyebut blog yang masih berusia muda. Alias blog yang baru jadi.

Dulu sempat ada beberapa temen yang mengaku cepat mendapatkan berita gembira tentang keanggotaan menjadi publisher di Google Adsense diterima dengan hanya bermodalkan blog yang masih baru. Bila menyebut baru, mungkin dalam bayangan kita hanya ada beberapa artikel yang bisa dihitung dengan jari. Dan memang demikian adanya, beberapa blog yang baru dibuat kurang dalam seminggu, lalu di tambahi beberapa artikel setiap harinya, toh lolos dan sah-sah saja diterima menjadi publisher.

Tapi itu dulu. Kini? jelas ada perbedaan. Tentu maksud judul di atas sudah dipahami, bahwa kini google Adsense makin memperketat persyaratan. Tapi soal ini , tak adil bila hanya menyebut Google Adsense ya, toh kita makin sering menemui persyaratan yang di luar kekuasaan. Entah trafik yang masih rendah, ranking Alexa yang masih diangka jutaan, atau Page Rank yang masih kecil, semua ini bisa jadi hambatan untuk diturutsertakan mengikuti progam-program penghasil uang untuk blog.

Khusus untuk Google Adsense sendiri, kini mereka menambahkan persyaratan usia blog untuk bisa bergabung kesana. Yakni minimal blog harus memiliki usia 6 bulan sejak pertama kali menulis artikel atau posting. Bila hanya usia, memang ini berarti kita mesti menunggu selama itu untuk sekedar mendaftarkan blognya. Ini pun masih belum pasti, apakah dalam periode tersebut kita harus memutakhirkan blognya (updating), atau bisa saja menulis artikel di bulan pertama, lalu menulis kembali di bulan ke enam. Wah, ini sih siasat yang bisa jadi bumerang buat diri sendiri. Iya kalau masih ingat kita punya blog selama 5 bulan terakhir, kalau tidak?


Yang boleh dibilang mengkhawatirkan selain persyaratan diatas adalah satu lagi : "Your website must be your own top-level domain (www.example.com
rather than www.example.com/mysite)", apakah ini berarti blog yang beralamt di blogspot juga bakalan kesulitan mendaftarkan ke Google Adsense? wah...berabe dong ya!