Pengikut

21 April 2009

Twittercounter, Sang Penghitung Twittermu

Persis seperti layanan dari Mybloglog! Itu yang pertama terlintas saat menggunakan salah satu widget dari http://twittercounter.com. Dengan tambahan widget ini, sesiapa yang mengikuti twittermu akan mudah dikenali dengan penampakan profil twitternya secara berbarengan.

Tapi mesti dibedakan, antara pengikut di akun twitter dan twittercounter jelas berbeda. Jadi jangan harap bila sudah memiliki banyak pengikut di twitter akan sebanding dengan jumlah pengikut di layanan ini. Sebab jelas peruntukannya juga berbeda. Namun bukan berarti menisbikan jumlah pengikut di akun twitter, malahan juga ada satu link yang bisa memperlihatkan "jumlah kekayaan" pengikut kita di twitter. Dari alamat websitenya juga sudah tercium ya kegunaannya :D.

Lalu kegunaannya di blog, jelas bisa jadi salah satu wadah buat pengunjung setia blog kita agar ikutan bisa memunculkan profil twitter di blog yang kita pasang. Narsis, tapi juga bisa berefek ganda untuk lebih banyak mengajak orang lain untuk turut gabung menjadi pengikut twitter, atau paling tidak bertukar alamat twitter.

Hanya salah satu yang masih jadi kekurangan adalah, tidak dimunculkannya status Twitter kita. Bermasalah? mungkin saat ini iya, toh kita masih bisa pasang status Twitter di bagian atasnya bila diperlukan.

Untuk menambahkan widget ini di Blog, cukup salin kode Javascript yang bisa didapat di sini.


Lalu setel pengaturan tampilannya dan akhiri dengan mengklik tombol "generate preview & code".

Setelah di dapat kodenya, salin, lalu pasangkan di blog dengan bantuan Gadget. Pilih gadget berjenis "HTML/Javascript", maka nantinya blog kita akan bertambah dengan widget keren ini. Silakan dicoba