Pengikut

Bila Tulisan Kita Dianggap Tulisan Curian

Ketika ada yang mencurigai salah satu artikel yang kita tulis di blog dianggap mencuri dari sumber lain, apakah yang perlu dilakukan?

Marah? tentu hanya membuat kita kesal. Sebenarnya bila kita merasa yakin dengan apa yang pernah kita tulis, tentu kita tak perlu khawatir dengan tudingan seperti tadi. Hari ini salah satu artikel di blog ini juga mendapat tudingan serupa : dianggap hasil mencuri dari artikel lain.

Bagaimana bila Edittag ditanya tanggapannya? jawabnya : santai saja :)

Ada alasan mengapa edittag bisa menanggapinya demikian. Pertama, bila acuannya adalah Google (wah siapa yang bisa membantah bila sumbernya langsung dari hasil dokumentasi Google?) maka edittag bisa berbangga hati menyebut : artikel ini masih kokoh dengan menempati urutan teratas dengan kata kunci : add url. Kata kunci ini digunakan bukan tanpa alasan. Judul artikel ini juga menyebut kata Add Url di urutan awal. Judul lengkapnya adalah : Web : Add URL to Yahoo and Google.

Lalu bila ditanya "bagaimana bisa hasil pencarian Google dijadikan bukti bahwa kita menulis terlebih dulu dibandingkan lainnya", maka jawaban mudahnya adalah : karena Google lebih menghargai tulisan pertama kali dibanding tulisan yang ditulis beberapa saat kemudian. Azas originalitas alias keaslian tulisan juga menjadi salah satu landasan mesin pencari seperti google untuk mengurutkannya di halaman awal pencarian.

Kita juga bisa gunakan bukan hanya kata tertentu yang digunakan sebagai kata kunci. Dalam kasus ini misalnya, edittag disangka menyalin secara utuh sebuah artikel dari sumber lain. Maka kita bisa menyalin satu alinea utuh kemudian kita jadikan sebagai kata kunci pencarian di Google. Hasinya tentu akan lebih lengkap lagi. Dari sini edittag sudah bisa berbangga bahwa lagi-lagi tulisan ini adalah tulisan murni edittag, bukan hasil mengambil.

Mungkin juga ada yang mempertimbangkan, gunakan anti klik kanan agar tulisan di blog ini tidak bisa disalin. Ini juga bisa dijadikan salah satu alternatif untuk mencegah tindakan "pencurian". Tapi, di atas hal ini, edittag memang membiarkan tulisan ini ba di klik kanan, Salah satu alasannya adalah untuk membiarkan peluang pembacanya bisa menyebarkan lewat media lain. Bisa kemudian ditulis ulang di blog mereka atau juga dijadikan acuan artikel atas tulisan yang sedang mereka susun.

Ini adalah metode utama yang selain lebih mulia,juga lebih layak ditawarkan di media internet. Semakin banyak yang bisa kita bagi, maka keuntungan pun akan balik ke kita sendiri. Setuju?



19 komentar:

  1. mencuri berarti mengambil hal cipta orang..tetapi kalo kang agus kan bersumber dari Google sdangkan bermlyar orang telah membuka google...tak sngaja menemukan artikel yang sama.......kecuali pembuka,isi dan penutup sama persis baru dikatakan pencuri,,,tapi ada hikmahnya jga orang mencuri artikel anda berarti mengganggap artikel anda bermanfaat dan terbaik..makanya ditiru orang....tapi sabar ajah ya kang.....

    BalasHapus
  2. im coming,Blogwalking and swepping at your blogging :thumbsup:

    BalasHapus
  3. kalaupun terpaksa mencuri, minimal kasih backlink lah. biar sama2 untung..

    BalasHapus
  4. yg penting klo kopas di kasih tau sumbernya he..he..

    BalasHapus
  5. Tapi kalo nyalinnya satu artikel penuh, biasanya sih ga bakalan di sebutin sumbernya, kecuali per bagian saja ya....

    BalasHapus
  6. Kalau memang tutorialnya dari google seperti itu kenapa dianggap mencuri jika melakukan penulisan ulang ??? Google saja nggak marah. Sabar saja ya kang....

    BalasHapus
  7. bagus kang blog nya, sayah newbie banyak belajar di blog ini,htr nuhun

    nb: titip link ya kang, yg edittag sudah di simpen di blog sayah :D

    http://warung-bisnis-online.blogspot.com

    BalasHapus
  8. Hmm sabar aja ya om! biasanya saya juga dibilang ngopas! Tapi saya kan cuma kopas sebagian aja! hehe...

    http://kelincex.blogspot.com

    BalasHapus
  9. makasih banyak infonya sobat,jadi nambah ilmu nihhhsaya yang masih newbie

    BalasHapus
  10. harusnya kita menyamakan persepsi dl, pertama dikalangan penulis ataupun pemburu berita di akhir tulisannya/beritanya dibubuhi sumbernya dari mana (ini saya kutip dari kode etik jurnalistik lho), kedua jika kita melakukan modifikasi bahasa dari sumbernya maka hal ini tidak dikategorikan sebagai pencurian berita/tulisan namun lagi-lagi harus dibubuhi asal sumber, ketiga kita juga membaca kebijakan si pembuat tulisan/berita apakah boleh mengambil sebagian/seluruhnya (hal ini nantinya akan terjadi 2 perbedaan yang signifikan di kalangan penulis karena ada yang memakai copyright dan copyleft), kalau saya sih setuju dengan konsep copyleft karena berita/tulisan itu saya kategorikan ilmu dan ilmu milik siapapun

    BalasHapus
  11. Setuju om ..
    Kita bikin tulisan kan tujuannya untuk berbagi, Ya, kalau ada yang mencuri itu biarkan saja, toh untuk urusan itu (dosanya)ada yang mengatur. Kalau saya pribadi sih memang masih suka menyalin content dari yang lain, dalam artian tidak sepenuhnya copas, tetapi membuat dengan bahasa sendiri tetapi dengan referensi yang lain. Menyebarkan ilmu itu banyak manfaatnya daripada mudaratnya khan ....

    BalasHapus
  12. kopas gpp....knapa?????

    karena semua artikel yang udah beredar di internet,siapapun boleh mengambilnya...

    nah karena kita orang indonesia...maka ya balas budi lah kasih backlinknya...hohoho.... yah itung2 simbiosis mutualisme lah...hehe..

    BalasHapus
  13. Anonim7:18 PM

    Wah...
    Saya setuju... lebih baik santai saja...

    BalasHapus
  14. Anonim3:35 PM

    Bener sih kata mas, artikel-artikel yang kita tulis sendiri memang dihargai google. Artikel-artikel yang saya tulis sendiri sering dapet nomer jadi.

    Saya belajar SEO dari blog ini mas. Tolong mas liat blog saya dan beri komentar apa saja yang perlu dirubah. Makasih sebelumnya.

    blogmasindra.blogspot.com

    BalasHapus
  15. Mas Agus aku termasuk newbie tolongin di link alamat saya ya. Aku mau belajar banyak dari Anda. trims

    http://iwan-anugrah.blogspot.com
    http://rengginangrenyahku.blogspot.com

    BalasHapus
  16. Mas Agus tolong alamat saya di share ya..saya pengin belajar banyak dari Anda, pengin punya banyak pengunjung seperti Anda..:).Alamat Mas Agus juga saya share ke bkog saya.Trims sebelumnya

    http://iwan-anugrah.blogspot.com
    http://rengginangrenyahku.blogspot.com

    BalasHapus
  17. Mas, Blog saya masih baru nih.... boleh minta di linkback gak? maksih ya mas....sukses trus..

    BalasHapus
  18. pak.. ini saya baru bergabung. terima kasih untuk jawaban atas pertnyaan saya. :)

    www.myclevertblog.blogspot.com

    BalasHapus
  19. klik kanan hanya akal2an aja si menurut saya, selama tulisan masih bisa ctrl c/v :)
    atau cara lain yg mematikan fungsi klik selama masih bisa disave ya tetap sama juga boong :)
    thanks

    BalasHapus

Kamu bisa dapetin ilustrasi wajah yang sesuai dengan wajah kamu di moselo.com/Bikingemeys. Jangan lupa ada promo jika pesan dari aplikasinya langsung.

Postingan Populer