Pengikut

21 Mei 2009

Bila Tulisan Kita Dianggap Tulisan Curian

Ketika ada yang mencurigai salah satu artikel yang kita tulis di blog dianggap mencuri dari sumber lain, apakah yang perlu dilakukan?

Marah? tentu hanya membuat kita kesal. Sebenarnya bila kita merasa yakin dengan apa yang pernah kita tulis, tentu kita tak perlu khawatir dengan tudingan seperti tadi. Hari ini salah satu artikel di blog ini juga mendapat tudingan serupa : dianggap hasil mencuri dari artikel lain.

Bagaimana bila Edittag ditanya tanggapannya? jawabnya : santai saja :)

Ada alasan mengapa edittag bisa menanggapinya demikian. Pertama, bila acuannya adalah Google (wah siapa yang bisa membantah bila sumbernya langsung dari hasil dokumentasi Google?) maka edittag bisa berbangga hati menyebut : artikel ini masih kokoh dengan menempati urutan teratas dengan kata kunci : add url. Kata kunci ini digunakan bukan tanpa alasan. Judul artikel ini juga menyebut kata Add Url di urutan awal. Judul lengkapnya adalah : Web : Add URL to Yahoo and Google.

Lalu bila ditanya "bagaimana bisa hasil pencarian Google dijadikan bukti bahwa kita menulis terlebih dulu dibandingkan lainnya", maka jawaban mudahnya adalah : karena Google lebih menghargai tulisan pertama kali dibanding tulisan yang ditulis beberapa saat kemudian. Azas originalitas alias keaslian tulisan juga menjadi salah satu landasan mesin pencari seperti google untuk mengurutkannya di halaman awal pencarian.

Kita juga bisa gunakan bukan hanya kata tertentu yang digunakan sebagai kata kunci. Dalam kasus ini misalnya, edittag disangka menyalin secara utuh sebuah artikel dari sumber lain. Maka kita bisa menyalin satu alinea utuh kemudian kita jadikan sebagai kata kunci pencarian di Google. Hasinya tentu akan lebih lengkap lagi. Dari sini edittag sudah bisa berbangga bahwa lagi-lagi tulisan ini adalah tulisan murni edittag, bukan hasil mengambil.

Mungkin juga ada yang mempertimbangkan, gunakan anti klik kanan agar tulisan di blog ini tidak bisa disalin. Ini juga bisa dijadikan salah satu alternatif untuk mencegah tindakan "pencurian". Tapi, di atas hal ini, edittag memang membiarkan tulisan ini ba di klik kanan, Salah satu alasannya adalah untuk membiarkan peluang pembacanya bisa menyebarkan lewat media lain. Bisa kemudian ditulis ulang di blog mereka atau juga dijadikan acuan artikel atas tulisan yang sedang mereka susun.

Ini adalah metode utama yang selain lebih mulia,juga lebih layak ditawarkan di media internet. Semakin banyak yang bisa kita bagi, maka keuntungan pun akan balik ke kita sendiri. Setuju?