Pengikut

22 Mei 2009

Menghindari Pembajakan Blog lewat Feed

Kadang agak sulit menebak darimana sebuah blog bisa mengambil konten secara utuh dari blog lain secara real-time. Penambahan kata real-time di sini adalah sebuah penekanan, untuk menyampaikan pesan bahwa artikel lama yang diedit pun bisa disadur secara langsung, berikut juga komentar yang masuk.

Semua berkat bantuan fitur feed yang disediakan oleh penyedia blog. Termasuk juga di blogger.com. Jadi jangan heran bila skarang konten di blogger bisa diambil untuk kemudian dipublikasikan di wordpress.com, atau juga sebaliknya, dari wordpress ke blogger.com

Bila penyedotan konten dilakukan oleh sesuatu yang tak kita ketahui, maka ada baiknya pula bila kita melakukan tindakan penyelamatan. Bila tak mungkin memproteksi sebuah feed, maka penambahan tindakan berikut bisa dicoba :

1. Bubuhkan alamat/nama blog di bagian akhir feed artikel.
Di blogger, kita bisa mancantumkannya di bagian Feed Situs, dari Dasboard, klik pengaturan, feed situs kemudian perhatikan bagian footer feed posting. Berikan kode HTML dengan format alamat blog kita, dengan bantuan a href=[alamatblog] di bagian isian kosong. Dengan demikian, secara otomatis alamat/nama tersebut akan dimunculkan di setiap artikel yang dimunculkan dalam sebuah feed. Contoh hasil bisa dicek di sini.

2. Gunakan link yang merujuk ke blog kita dalam postingan.
Selain untuk meningkatkan page view dan popularitas artikel, tindakan ini juga bisa mengarahkan mereka yang membaca melalui feed client untuk berkunjung ke blog kita, yang menjadi blog sumber artikel utamanya.

3. Sebutka nama penulis blog dalam artikel.
Langkah ini sebenarnya praktis susah dilakukan oleh mereka yang terbiasa menjadikan nama blognya sebagai subjek. Jadi dengan pemberian nama blog ini, pembaca juga akan mengerti siapa yang menulis artikelnya.

Tindakan tersebut lumayan untuk menghindari kecurangan feed kita dicuri oleh orang lain, paling tidak kejadian kmarin bisa dijadikan pemicu agar kita lebih berhati-hati dalam ngeblog.