Pengikut

27 Mei 2009

Tentang Larangan Facebook, Blog dan Origami

Apa yang bisa menautkan ketiganya? antara facebook, blog dan origami? sepertinya yang disebut terakhir memang jauh dari dunia teknologi. Sedangkan facebook dan blog, memang masih ramai dan sangat ramai untuk dibicarakan. Dan mungkin baru kali ini ketiganya diangkat dalam sebuah tema untuk acara di radio.

Selasa malam lalu, edittag mengajak rekan blogger yang kebetulan aktif dalam seni origami untuk turut serta di acara Bandungers Bloggers. Acara yang disiarkan dari 95,2 Bandung FM ini memang selalu mengetengahkan obrolan tentang dunia blog khususnya dan juga isu-isu lain yang sedang happening. di ranah maya.

Jadi tepat kiranya saat isu pelarangan facebook oleh sekelompok ulama di Jawa Timur dijadikan obrolan pembuka. Hasilnya, 5 menit kemudian sms masuk. Ada 3 sms yang kita bacakan saat itu, intinya mereka melihat ada keganjilan dengan seruan ini. Mengapa bisa facebook yang dibicarakan? toh memang PBNU juga tak ingin melibatkan Facebook dalam lingkup halal haram. Sedang lainnya masih bersikap netral, karena sejatinya facebook hanyalah sebagai alat, kita sebagai penggunannya yang menentukan apakah bisa jadi bermanfaat atau malah sebaliknya, memberikan kerugian.

Untuk mengcounter anggapan Facebook bisa mendatangkan kerugian hingga dilabelkan haram, edittag membawa salah satu rekan blogger yang juga aktif di Facebook. Aktif bukan hanya sebagai pelaku, namun juga mampu membawa profile dirinya di Facebook menjadi daya jual untuk keperluan usahanya. Harapannya,agar makin banyak yang membicarakan manfaat tentang adanya situs jejaring sosial ini. Bila makin banyak manfaat yang didapatkan, tentu tak layak untuk menghindari penggunannya.

Usaha seni Origami yang dikelolanya memang sering diperkenalkan lewat situs dan blog. Namun seiring dengan perkembangan facebook, jejaring ini juga mulai dirambahnya. Tentu bukan sebagai media jual dari produk yang diproduksi, karena memang origami yang diperkenalkannya lebih menjual dalam bentuk pelatihan dan pemberitaan informasi mengenai kegiataan origaminya.

Abcnews.com pernah merekomendasikan : Use social media to attract interest in your skills. Your Facebook, Twitter, VisualCV and blogs should promote your skills.


Ini yang menjadi salah satu pertimbangan untuk memantapkan penggunaan media facebook bagi usahanya.

Di sesi terakhir acara ini, edittag juga menghimbau rekan-rekan untuk turut mempedulikan akun facebooknya lebih aman dan jauh dari aksi phising. Ini adalah bagian dari 'ruwatan' massal akun facebook setelah adanya korban dari facebooker bandung. Jadi, apakah facebookmu juga sudah diganti passwordnya secara berkala?