Pengikut

13 Juli 2009

Lijit, Sang Pencari yang Memberi Informasi Komplit

Ada dua kotak pencarian di blog ini? Kurang puaskah dengan kotak pencarian yang ada sebelumnya? Di blog ini memang sebelumnya ada satu kotak pencarian, yakni di sebelah kanan (right sidebar). Apakah pencarian di sini sering gagal?

Sebenarnya ada alasan lebih mudah untuk menggunakan kotak pencarian baru. Pencarian yang dilayani oleh Lijit. Apa yang bisa diberikan oleh Lijit? pertama jelas, pencarian di halaman blog yang kita kelola. Tapi tak berhenti disini, karena lijit juga mampu mengintegrasikan halaman pencarian di akun lain yang juga kita miliki. Sebut saja layanan hosting poto Flickr, video Youtube, mikrobloging Twitter, atau juga Mybloglog. Masih kurang lengkap? hasil pencarian juga bisa dicari dari layanan serupa yang disebutkan, namun dari akun milik teman-teman yang kita kenal di internet. Siapa tahu saja bila ada teman yang mengunggah poto liburan kmarin di Flickrnya, atau juga ada teman yang menuliskan tweet-nya lewat Twitter mengenai sesuatu yang dicari oleh pengunjung blog kita?

Terdengar seru ya? Kita mesti bersiap-siap terbuka nih, tapi anggap saja, ini juga salah satu trik untuk meningkatkan page view di blog kita. Belum lagi ada fitur statistik, dimana kita bisa melihat dari mana saja pengunjung yang datang. Atau apa saja yang mereka lakukan saat mampir di blog kita? Seperti tampilan yang biasa kita temukan dari Feedjit dengan Live Traffic Feed.

Untuk mendapatkan widget dari Lijit, Anda bisa mendaftarkannya disini.Saat ini widget ini memang belum disokong penuh oleh Blogger, meski di blog blogger.com telah dicantumkan nama Lijit.com sebagai partner oleh Blogger.com. Ini artinya, saat Anda hendak memasangkan widget ke blog, tinggal klik ikon Blogger untuk bisa secara otomatis menempelkannya ke blog. Cukup praktis, dan yang pasti, kita bisa melihat sejauh mana pencarian dilakukan oleh pengunjung, dan juga tindakan apa yang dilakukan oleh mereka.