Pengikut

06 Januari 2010

Blog Love Follower Than Subscriber in 2010

Kapan terakhir kali menggunakan google reader? atau layanan pembaca feed lainnya? atau juga kapan terakhir kali mempersilahkan teman baru untuk gabung ke dalam mybloglog atau juga feedblitz?

Mungkin kalian masih lebih rajin ya dibanding edittag dengan masih bergaul dengan tool tersebut. Tapi kini, begitu ada email masuk yang mengkonfirmasikan ada kegiatan baru di situs-situs di atas, edittag lebih jarang membukanya. Sama seperti pemberitahuan dari friendster tentang teman yang berulang tahun, lebih sering diabaikan. Beda bila kabar itu masuk ke facebook :)


Ada perubahan ya kalo diingat-ingat. Dan tampaknya blog kini juga lebih dinilai berdasarkan berapa banyak followernya, daripada berapa banyak subscribernya. Ini juga yang membuat twitter atau juga typepad memberdayakan fungsi followernya. Follower memang lebih relevan dalam menilai sebarapa kuat suatu blog diperhatikan oleh pembacanya. Atau bisa jadi, orang lebih ingin yang praktis, emoh berlama-lama di email untuk membaca posting blog. Kini semua lebih praktis, karena baik twitter, blogger maupun typepad akan memunculkan postingan blog teman dalam dashboard atau timelinenya.


Kabarnya, tampilan-tampilan blog 2010 ini akan lebih banyak disinggahi oleh fitur-fitur untuk mengkoneksikan ke twitter atau facebook. Seberapa banyak tulisan di blog telah di retweet ke twitter atau di share ke facebook. Dan ini juga berujung akan makin banyak layanan yang akan mengintegrasikan akun facebook dan twitter ke blog. Seperti kmarin ada Wibiya, atau disqus.

Dari segi tampilan, avatar di facebook maupun di twiter akan lebih sering muncul daripada avatar dari layanan Gravatar. Wah kapan ya blogger mempersilakan pengguna facebook/twitter boleh menggunakan akunnya untuk memberikan komentar ke blogspot?