Pengikut

08 Januari 2010

January 2010 Yahoo! Will Shut Down Mybloglog

Tuh kan, baru diomongin kmarin, sudah ada kabar lagi. Mybloglog bakalan ditutup oleh Yahoo!. Masih ingat 'kan dengan layanan mybloglog?

Pada jamannya, mybloglog jadi widget yang wajib dipasang. Dengan keberadaannya, kita bisa tahu, siapa saja sih yang sering mampir ke blog, atau membaca postingan kita. Biasanya pertanyaan siapa yang baca menjadi keingintahuan, mengandalkan informasi pembaca yang berasal dari komentar yang masuk jelas kurang. Kadang blog yang punya trafik seharinya ratusan pengunjung, mendapatkan komentar juga hanya beberapa. Kurang mewakili informasi siapa yang mampir ke tempat kita.



Nah, saat ini edittag masih sempat masuk ketika mendengar kabar mybloglog akan ditutup. Pas masuk masih lancar, begitu juga saat mengecek kontak siapa saja yang barusan nge-add. Jumlahnya tak seriuh tahun tahun awal saat pasang widget dari mybloglog. Paling dalam sebulan belakangan hanya 1 atau 2 orang yang mau menambahkan. Bisa jadi karena widgetnya sudah tak terpasang lagi di blog ini, makanya jarang yang menambahkan.

Tapi sedih juga bila benar layananan ini ditutup. Selain karena log in-nya cukup dengan akun Yahoo!, widgetnya juga masih berguna. Ya sih, hampir sama dengan widget tambahan dari facebook untuk mereka yang punya fans page. Hanya saja memang tidak se-real time dari Mybloglog. Mungkin mesti siap-siap cari penggantinya atau memang tak perlu lagi pakai mybloglog?