Pengikut

03 Mei 2011

Friday Sharing, Reriungan Baru Onliners Bandung

Bandung sudah tak perlu lagi iri. Iri dengan beragam acara yang biasanya dikerumunin para onliners. Di Jakarta, kita bisa menemui kegiatan bernama Akademi Berbagi, Obrolan Langsat (Obsat), @atamerica dengan mudah. Tanpa perlu mengingat satu persatu kapan diadakannya. Karena sifatnya tak lagi insidental. Alias rutin. Tinggal siapkan saja waktu luang di sekitar Selasa, Rabu atau Kamis untuk bisa mengikuti kegiatan di atas.

Dan menariknya, kegiatan yang diributi oleh para onliners, juga menghadirkan isu, tema dan pembicara yang relevan. Relevan dengan dinamika mereka yang biasa menyerap informasi dengan cepat di jejaring sosial. Belum terhitung sudah berapa kali mereka mengadakannya, tetap saja acara ini gratis untuk diikuti.

Cuma, masih jauh ya bagi mereka yang tak terbiasa menetap di Jakarta. Bagaimana dengan Bandung. Beruntunglah beberapa acara di atas sudah mulai singgah di Bandung. Akademi Berbagi mulai sering mengadakan acaranya di ITB. Obsat juga demikian. Kini harus mencatat kegiatan satu lagi nih, FridaySharing.

Acara ini digagas dalam hitungan hari. Jadilah acara pertama yang diadakan di Cafe S 28 Bandung Jumat lalu menjadi tonggak sejarahnya. Acara ini digagas oleh Blogdetik, Telkom Speedy dan radio swasta di Bandung lainnya. Ditilik dari penggagasnya, memang tak jauh-jauh dari kegiatan Blogvaganza yang juga dihadirkan oleh kedua instansi tersebut. Lalu apa perbedaannya?

Dari acara pertama kmarin, yang dihadirkan adalah beberapa blogger dari blogdetik yang sudah menorehkan catatannya dalam bentuk buku. Tersebutlah ada @bulengehe, Ondry 'Green Kancut' dan Melanie Subono. Tak jauh-jauh dari dunia blog ya? terutama dari blogdetik.

Melanie misalnya, tulisan di blognya yang ditujukan kepada Tifatul Sembiring misalnya, masih duduk manis sebagai artikel paling sering dibaca di blogdetik. Bulengehe? wah ini sih paling sering lewat di blogdetik sebagai seleb blog dengan tulisan-tulisan gokilnya. Jangan heran, darinya cerita ringan seperti pengalaman di jamban bisa jadi cerita yang membuat pembacanya tertawa.

Acara ini kabarnya bakal sering dilakukan. Kapan? yang pasti di hari Jumat sih. Cuma belum bisa dilakukan rutin di awal-awal pemunculannya. Melihat antusias yang datang kmarin, yang berjumlah kurang lebih 50an orang, sepertinya Bandung bakalan punya acara onliners yang wajib didatangi.