Pengikut

26 Oktober 2011

Nokia Ikut Berburu Gelar Ponsel Pintar Dengan Lumia

Saatnya untuk rehat sejenak dari buruan informasi gadget dengan sistem operasi yang banyak dibicarakan. Android memang makin menggila. Produk Samsung juga sulit kita ingat serinya mengingat gelontoran ponsel barunya. iPhone? baru saja sukses membuat antrian panjang selesai rilis resminya.

Mungkin inilah waktu yang pas juga buat Nokia memperkenalkan produknya. Mesti tertatih dengan sistem operasi yang tetap dipegang teguhnya saat ini, Windows Phone. Tapi coba lihat sebentar ponsel Nokia baru ini.Namanya cukup indah disebut : Lumia. Mungkin tawarannya semenarik namanya : Prosesor single core dengan kemampuan memori 512 MB untuk Lumia 800.



Jelas memang masih kalah dengan Galaxy Nexus atau iPhone 4S. Tapi dari segi penggunaan sistem operasinya, Windows Phone 7.5 (Mango), spesifikasi ini ternyata sanggup menopang kecepatan akses menu-menu yang berserakan di dalamnya. Sangat berbeda menemui ikon-ikon aplikasi di dalamnya dalam bentuk yang kotak dan begitu rata. Ikon-ikon ini biasanya ditampilkan begitu lezat untuk Apple dan Android.

Nokia malah menampilkan sisi lain di penyajian ikonnya. Menu di bagian depan dan dalam tampak lebih rapi dan besar untuk mudah dilihat. Keindahan juga coba ditawarkan dengan memberikan chasing yang berbeda. Cara lama yang masih coba diandalkan Nokia. Warna-warna chasing dan juga ikon pada menunya memang menjadi pembeda dibanding ponsel pintar lainnya. Oh ya, juga easy-swap SIM juga, yang membuatnya mudah berganti Sim Card tanpa perlu mematikan ponsel.



Kabarnya, Lumia juga menyediakan versi murahnya dengan Lumia 710 untuk pasar Hongkong, India, Rusia dan Taiwan dengan harga sekitar 3 jutaan. Biar makin menarik, coba denger cerita sang desainer Nokia untuk Lumia ini :