Pengikut

08 Desember 2011

Jangan Asal Comot Nama Yahoo

Penipuan selalu bikin gerah. Di lingkungan pengguna email, penipuan ini bisa beragam wujud. Para spammer (pengirim email sampah) kadang menggunakan pola yang beragam agar polahnya tak tertebak dengan mudah. Dari mulai judul yang bisa menggunakan bahasa Indonesia, hingga terkadang (ini yang hebatnya) mereka bisa mengetahui nama panggilan kita. Lalu dengan mudahnya kita bisa terhanyut dalam rayuannya.

Pengguna email Yahoo kini bisa dibilang sedikit bernafas lega. Sebuah komplotan yang biasa nyepam dengan mengatasnamakan Yahoo kini telah dibuat kapok dengan sebuah permohonan pengadilan yang memenangkan pihak Yahoo!. Modusnya, komplotan yang dicurigai berasal dari Thailand dan Nigeria ini mengirimkan pesan ke banyak alamat email bahwa mereka telah memenangkan undian yang dilangsungkan pihak Yahoo.




Sebenarnya, sejak kapan sih Yahoo membuat undian-undian semacam itu. Terlebih ada kata-kata jackpot segala. Dari alasan ini sebenarnya kita bisa mengabaikan pesan ini dengan mudah. Tapi ternyata banyak korban yang percaya. Akhirnya, apa yang dituju para spammers ini, yakni data-data personal seperti kata sandi, informasi detail mengenai kepemilikan kartu kredit bisa dibobol.

Yahoo merilis angka-angka yang fantastis akan keberadaan email-email kabar palsu ini. Sejak Desember 2006 hingga 2009 saja sudah ada 11,6 juta email terkirim. Pihak Yahoo sendiri desember ini mendapatkan ganti rugi atas keberatan yang diajukan atas kasus ini di pengadilan sebanyak $610 juta dollar. Alias sekira 5,4 triliun!

Makanya, mending dari sekarang, palajari deh gimana agar email kita terlindungi, salah satu caranya, buat yang pengguna Yahoo kunjungi kunjungi http://antispam.yahoo.com