Pengikut

Mengapa Berpromosi di Akun Twitter Bajakan Akan Lebih Sulit

Akun twitter yang terpantau dibajak hari ini di Bandung.

Sebenarnya ada yang salah dengan akun-akun Twitter yang dibajak. Hampir semua akun twitter bajakan yang terpantau hari ini, dipastikan mereka semua melempar pesan iklan lengkap dengan tautan di dalamnya.

Dari pesan yang terlihat, mereka seperti terburu-buru dalam melemparkan pesan. Dalam 5 menit saja, satu akun yang dibajak, bisa berisi 3 hingga 5 pesan. Hampir 1 pesan permenitnya! Mengapa mereka terburu-buru sekali?


Akun-akun yang dibajak ini, memang sepertinya akan dikenali oleh followernya bukan dalam hitungan segera. Tidak dalam hitungan menit, bisa beberapa hari. Namun tak akan lebih lama dari seminggu. Mengapa?

Perhatikan timelinenya, mereka tak pernah sama sekali berinteraksi layaknya pengguna akun twitter biasanya. Mereka memang disetir oleh bot, untuk melempar pesan dalam durasi tertentu, dan menghiraukan sama sekali mention yang diterima. Ini sebenarnya memudahkan kita untuk mengidentifikasi bahwa pesan di akun twitter tersebut tak perlu lagi dipercaya.

Ciri-ciri akun twitter yang dibajak akan kita kenali dari :

1. Jumlah pesan kicauan yang mendadak lebih banyak / berisik dan lebih intens dari sebelum dibajak.
Ini bisa sangat mungkin dilakukan, karena cepat atau lambat, akun tersebut pasti akan diketahui telah dibajak. Maka yang biasanya dilakukan adalah terus menerus berkicau sebelum terburu dikenali.

2. Jarang me-mention akun twitter lain, meski bisa juga botnya dibekali kemampuan membalas mention yang diterima, misalnya dengan kalimat baku yang hampir sama jawabannya untuk semua mention yang masuk. Dan ini sangat mudah dikenali follower yang terbiasa membaca pesannya sebagai hal yang janggal dan tak biasa.

3. Menyertakan link. Ini lebih banyak menghabiskan jumlah karakter dibandingkan mendapat hibah kunjungan di web yang dituju. Ini mengingat, sangat jarang pengguna twitter melakukan klik atas tautan dalam timeline, selain dari berita yang sumbernya terpecaya, atau sangat menarik untuk dibaca lebih dalam. (Dan pesan iklan jelas sangat mengganggu dalam timeline)

4. Jarang yang pesannya pendek.
Lebih banyak pesan yang disampaikan jumlahnya memenuhi kuota dalam satu pesan twitter yang jumlahnya hanya 140 karakter. Ini juga terkait keinginana spammer yang mejejalkan pesan, dan terjebak untuk menuliskan lebih panjang.

5. Pesannya lebih sering bombastis dan vulgar.
Ih, ini sih basi deh ya, misalnya :
- Modal internet, kopi, duduk 5 menit sehari dpan laptop bs dpt $50, ajibbb bgt
- Gila, beneran berhasil toh, Mantap..., maen game 10 menit shari bs dapet $15. Thank buat yg udah ngasih tw gw ya

6. Pesan diselingi bahasa Inggris selain Bahasa Indonesia.
Ini juga disebabkan spammer ingin lebih banyak pesannya terbaca oleh lebih banyak pengguna twitter. Satu dan dua pesan kadang diselipkan diantara pesan lain dalam bahasa yang bisa digunakan akun twitter sebelumnya..

Jadi, sepertinya mereka yang maling itu pasti akan kesulitan juga untuk sukses menggelandang korbannya dari pesan yang pendek seperti di twitter.

Nah, buat kamu, sekarang harus lebih sering-sering ganti password di twitter ya. Jangan cuma 2 bulan sekali aja. Dan bila memang sudah dibajak orang, langsung saja buat yang baru, dan kabarkan akun sebelumnya telah dibajak dan mohon untuk di report as spam dan unfollow kemudian.

Mau dapat tips lainnya, silahkan follow twitter @edittag kan :)

1 komentar:

  1. blog ini emang sengaja gak pake readmore ya gan???

    BalasHapus

Kamu bisa dapetin ilustrasi wajah yang sesuai dengan wajah kamu di moselo.com/Bikingemeys. Jangan lupa ada promo jika pesan dari aplikasinya langsung.

Postingan Populer