Pengikut

15 September 2015

Agar Suami Siaga Mendapatkan Kesegaran Pilihan demi Keluarga Baru

Menanti kelahiran seorang buah hati, akan menjadi hal yang sulit. Terlebih bagi seorang pria. Di waktu-waktu inilah, takaran maskulin kita akan lebih banyak dipertaruhkan. Kita akan melakukan banyak hal yang sekiranya jarang, atau malah tabu bila dilakukan seorang laki. Berbelanja sayuran, misalnya.

Seberapa kali sih kita, pria sendirian akan menyusuri pasar untuk sekedar berbelanja? Jangankan pasar 'deh, yang bagi sebagian pria perkotaan paling hanya bisa melihat tanpa ada keinginan berkunjung. Ke supermarket yang kondisinya lebih nyaman dan bersih sekalipun kita akan sulit mendapati diri kita berada di rak-rak yang memajang sayuran atau buah-buahan. Buat apa coba, ya 'kan :)





Nah, kesemuanya itu akan harus kita telan bulat-bulat. Kita sebagai suami,pasti tak tega harus meminta istri yang tengah berpayahan dengan status hamilnya harus pula berada di pasar untuk berbelanja.

Inilah kondisi yang memaksa kita untuk turut serta mengambil alih kebiasannya berbekanja. Dengan kondisi berat badan yang bertambah, 'masak kita masih tega menambah berat deritanya dengan harus tetap pergi belanja dan memilah bahan makanan yang bergizi.

Inlah tantangannya. Tak skedar belanja, namun harus mendapat bahan makanan yang segar pula. Tentu kita tak mau bila punya bekal daftar belanjaan yang lengkap, tapi malah kerepotan memilah bahan mana yang termasuk segar dan kondisinya baik untuk dikonsumsi.

Nah, bila memang harus kita, para pria, yang berbelanja, berbelanja bisa sangat memusingkan. Perhatikan 'deh ibu-ibu bila sedang berbelanja. Semua inderanya aktif. Mereka tak segan menciumi, mencubit, menggoyangkan sayur dan buah hanya untuk memastikan bahan masih segar. Kita bisakah melakukannya?


Berikut adalah tips untuk mendapatkan bahan makanan segar dari supermarket :

Buah-buahan

Apel, warna beragam bisa dari kuning ke hijau atau merah. Saat memilihnya cari bentuk apel yang utuh dan berwarna cerah.

Pisang, terbaik akan memiliki warna kuning yang solid dan beberapa diantaranya sediki berbercak coklat.

Jeruk, makin berat buah untuk ukuran yang sepadan, maka makin semakin juicy rasanya.

Buah Pir, ada banyak ragamnya. Pilih yang bulat dengan isi putih dan kulit hijau.

Nanas, yang paling baik memiliki aroma yang khas dan berat untuk ukurannya. Daunnya haruslah hijau dan garing.

Strawberri, cari yang bentuk masih utuh. Hindari yang masih memiliki banyak area tanpa warna/pucat.

Melon, beberapa ada yang berbiji dan non-biji. Cari yang isiannya berwarna pink ke merah/kuning.


Sayuran
Asparagus, carilah yang masih halus, ujung tombaknya hijau gelap dan tertutup, serta padat. Asparagus akan mudah layu, jadi gunakan dalam satu atau dua hari. Bila menyimpannya di lemari es, pastikan ujung potongan tombaknya tenggelam dalam wadah air.

Paprika, carilah yang halus, berat dan jangan takut untuk menggoncangnya. Jika Anda mendengar gemeretak biji, itu tandanya bagus. Setelah membuang bijinya, paprika dapat digunakan atau dipanggang.

Brokoli, carilah yang berwarna hijau cerah, dan kepala masih utuh; hindari brokoli yang terlihat memar.

Kubis, pilih kubis yang padat, kepala berat dan dengan daun warna hijau.

Wortel, carilah wortel dengan warna oranye yang kaya; hindari wortel dengan akar lembek/layu.

Kembang kol, hindari kepala yang berubah warna atau karatan. Jika kembang kol masih memiliki daun luar hijau, Anda dapat yakin itu segar.

Jagung, carilah jagung dengan kulit lapisan warna hijau, hindari yang berkulit kecoklatan. Ketika Anda mengupas ujungnya, bonggol haruslah gemuk.

Mentimun, pilih mentimun yang keras; hindari mentimun yang muncul dengan warna kekuningan. Kulit mentimun memiliki kemilau alami untuk itu.

Jamur, sebelum membeli jamur, lihat bagian bawah untuk memastikan insang (baris jaringan kertas yang terletak di bawah topi) tidak terbuka.

Kentang, simpan kentang di tempat yang sejuk dan kering. Jika Anda menggunakan kantong plastik, berikan lubang di dalamnya sehingga udara dapat bersirkulasi.

Bayam, bayam segar memiliki daun berwarna hijau gelap dan tampak sehat; hindari daun yang layu dan berubah warna.

Masih cape memilih? wah sepertinya ada satu tempat yang memudahkan pencarian bahan yang segar. Karena apa, semua yang disebutkan tadi bisa dengan mudah ditemukan di Hero Supermarket terdekat.

*Tulisan ini dibuat untuk mengikuti lomba blog dari www.herosupermarket.co.id dalam rangka memperingati HUT Hero Supermarket ke 44. Tulisan adalah karya saya sendiri dan bukan merupakan jiplakan.