Pengikut

17 September 2015

Mengapa Duduk adalah Kondisi Terbaik Saat Mengonsumsi Makanan

Perhatikan 'deh, saat kita makan sambil duduk, kita mengunyah lebih pelan, nikmat banget rasain makanan dan mungkin malah makan lebih sedikit. Beda dengan makan sambil berdiri. Kadang kita sendiri kurang sadar dengan apa yang kita makan.

Makan sambil duduk bisa sangat membantu kita untuk mengurangi kadar makanan dan itu artinya lebih sedikit kalori yang masuk. Faktanya ada penelitian di tahun 2007 yang melibatkan wanita dewasa dan sudah terbit di "Journal of the Academy of Nutrition and Dietetics." Itu pun ternyata, makan sambil duduk masih membantu saat kita memilih makanan yang sehat. Saat kita duduk, sebenarnya kita sedang menikmati waktu duduk sambil mengunyah yang bisa memberikan keuntungan dari sisi kesehatan yang lebih besar dibanding saat kita berdiri.


Saat kita duduk, butuh sekitar 20 menit waktu yang dibutuhkan untuk 'merasa kenyang' yang hinggap sampai ke otak, ini menurut sebuah website Medline Plus. Dan mengunyah lebih pelan artinya lebih cepat sampai ke perasaan tadi. Di tahun 2008 sebuah penelitian di Jepang menyimpulkan bahwa makan dengan terburu-buru akan lebih mudah mendapatkan risiko kegemukan. Penelitian lain yang juga melibatkan orang Jepang dewasa dan dipublikasikan di 2013 menyebut bahwa lama mengunyah dan makan lebih pelan dapat mengurangi risiko diabetes. Saat kita menjejalkan segenggam penuh makanan ke mulut dalam 5 menit, otak kita tak akan menyampaikan pesan ke perut bahwa kita kenyang hingga kita kelebihan makan.

Makan sambil berdiri itu pula berarti kita kurang peduli terhadap apa yang diperlukan tubuh. Saat duduk, kita akan lebih peka akan apa yang kita makan, menurut Denny Waxman, seorang konselor di bidang makrobiotik dan penulis "The Great Life Diet." Duduk saat menguyah juga membantu melacak seberapa banyak yang sudah kita makan, yang artinya kita akan berhenti saat kita kenyang.

Dr. Peter Bongiorno, ND, seorang dokter ternama juga menyebut, bahwa mengunyah sambil duduk dan mengunyahnya dengan pelan akan membantu sistem pencernaan bagi sebagian mereka yang suka makan saat beraktifitas dan tidak mencerna makanan dengan benar. Malah, 80% kecelakaan mobil melibatkan pula gangguan yang diantaranya berasal makanan. Kita akan menstimulasi enzim pencernaan lebih baik saat duduk, yang mana enzim ini diperlukan untuk mencerna makanan lebih baik.

Nah, sudah waktunya makan memang sambil duduk 'kan, biar sopan :)