Pengikut

30 Maret 2006

HTML : HTML Tag on Vodafone, Au and Docomo

Bila beruntung mendapatkan file HTML yang bisa diakses oleh browser I-mode, seperti yang biasa diakses pengguna layanan Docomo, Au dan Vodafone (seperti yang pagi ini aku terima) maka ada beberapa tag HTML yang dipangkas penggunannya bila dibandingkan dengan HTML yang biasa kita akses melalui browser di PC/Mac. Hal ini bisa dimaklumi bila melihat kebiasaan teknologi Jepang saat ini yang mengkhususkan beberapa fiturnya untuk digunakan di hanphone.Jadi seperti layaknya PC, mereka biasa menggunakan browser di Hpnya untuk mengakses email, website, blogging, maupun bermain game.

Mulai dari aplikasi semacam Flash Lite yang diperuntukan bagi developer game maupun aplikasi lainnya yang hanya bisa digunakan di Hp yang berlangganan di provider Jepang hinga halaman web yang dikhususkan untuk browser I-mode.Berbeda dengan Flash yang pluginya dibenamkan di browser PC kita, Flash ini menggunakan action script 1.0 dan 2.0 dengan berbagai fitur yang dikurangi.Gunanya agar konsumsi memori yang digunakan dapat menyesuaikan dengan keterbatasan memori di Hp.

Sedangkan untuk HTML..., berita terbaru yang biasa diakses di website domoco, yakni browser versi 6.0 saja yang menggunakan Table, Caption, TR,Th dan TD. Sedangkan versi yang umumnya digunakan saat ini adalah versi HTML 2.0, yang hanya mendukung tag sederhana seperti Marquee, Blink, Select~Option,Body dan Font.Sedangkan atribut untuk tag tersebut masih berkutat pada pewarnaan untuk font, body juga direction untuk Marquee.Tag sederhana lainnnya yang masih digunakan yakni Center, Br.Untuk tag selengkapnya bisa dilihat disini.

Sepertinya bukan masalah besar untuk tag seperti ini.Untuk editornya, kita bisa menggunakan Maruo, dan browser untuk mengeceknya selain I-mode HTML Simlator II yakni Sleipnir.Untuk menggunakan browser ini, kita mesti memasukan parameter user agent untuk mengidentifikasi layana operator yang akan kita akses.Ini untuk memudahkan server untuk memilah milah versi HTML yang akan diakses.Sebagai contoh untuk layanan docomo, kita bisa menggunakan parameter DoCoMo/2.0 P902i(c100;TB;W24H12).

Setelah berhasil, kita tutup browsernya lalu kita panggil sekali lagi.Untuk mengeceknya apabila kita masukan alamat URL http://yahoo.co.jp, maka akan diredirect ke halaman http://mobile.yahoo.co.jp/index.html.

Ada beberapa gambar yang dijadikan sebagai e-moji untuk menggantikan peran gambar ke dalam tag HTML.Anggap saja seperti avatar di Yahoo Messenger.Menarik ya untuk dipelajari.