Pengikut

01 Mei 2006

CSS : Mozilla browser can do that IE cannot

Inilah beberapa kelebihan Mozilla dibanding dengan IE.Ini juga jawaban dari bebeberapa pertanyaan mengapa weblognya lebih indah dipandang dengan menggunakan Mozilla.Hanya menampilkan point-point yang berhubungan dengan kemampuan menampilkan text,image, dan CSS.

1. Berkuasa melakukan zooming text
Hingga ukuran berapapun, meski memiliki ukuran pixel tertentu.IE hanya mendukung lima ukuran dan tidak memiliki shortcut di keyboardnya.Ini sangat menguntungkan bagi pengguna yang memiliki masalah penglihatan bila menemukan situs yang menggunakan huruf berukuran kecil.

2. Pilih text dan siap melakukan pencarian
Coba select text tertentu, dan klik kanan, hasilnya akan membawa kita ke dalam pilihan beberapa menu lalu pilih 'Search' untuk melakukan pencarian dengan text yang telah kita seleksi.

3.Menyisipkan mouse diantara text
Saat membuka Mozilla coba tekan F7 maka kursor akan muncul dalam halaman.Bisa digunakan untuk melakukan navigasi sebuah halaman dan memilih text cukup dengan keyboard.baca

4.Lihat source kode hanya bagian tertentu
Lakukan seleksi text terntu, klik kanan, lalu tekan sembarang tombol di keyboard.Muncullah source yang sedang kita seleksi.

5.Properties dialog memungkinkan kita melihat berbagai informasi mengenai beragam sintak.
Klik kanan pada tautan tertentu atau pada gambar ataupun lainnya,dan lihat infonya tentang hal itu,seperti halnya bahasa dan tautan apapun yang akan terbuka di jendela yang baru.Jendelanyapun bisa kita resize.

6.Intip scripts dan stylesheets secara langsung.
Mozilla mempu menampilkan scripts dan stylesheets langsung sebagai plain text tanpa aplikasi terpisah yang sanggat berguna bila kita ingin melihatnya secara singkat.Sedang IE hanya akan mendownloadnya tanpa menampilkannya secara langsung.

7.Beragam pilihan font.
Kita bisa mengontrol penggunaan font,termasuk penggunaan CSS fonts. Buka menu Tools, Option, Fonts & Colors.

8 Dapat menyunting ukuran font minimum
Tentu ini sangat berguna bagi situs tertentu.Perintahnya dibagian Tools,option,Fonts & Colors.

9.Memiliki beragam character Encoding
Ini tentunya berguna untuk mengunjungi situs yang memiliki perbedaan MIME.Misalnya melihat MIME dalam bahasa Jepang,dll.

10.Mendukung text blinking/berkedip
Tentunya tag blink didukung penuh,tapi kitapun bisa menggunakan CSS 'text-decoration: blink'.

11.CSS min/max-width/height
Kita bisa mengeset maksimum atau minimum font untuk disesuaikan dengan menggunakan tag CSS.

12.CSS position:fixed
Ini memungkinkan suatu konten berposisi tetap pada bagian tertentu di jendela.Bila pengguna melakukan scrolling,konten akan berada tetap pada posisinya.

13.Mendukung CSS3 selectors.

14.Mendukung beberapa ekstensi CSS properties

15.Mendukung 'favicons' dalam beragam format
GIF,JPEG,PNG,MNG,XBM,BMP,ICO,bahkan kita bisa membuatnya animasi bila 'butuh sangat'. IE hanya mendukung BMP dan ICO format.

Note : Perbandingan ini menggunakan parameter Mozilla browser component (version 1.2) dan IE (version 6.0).

Yang lain mau menambahkan?