Pengikut

26 September 2006

HTML : Adding Sound to Blog

Mestinya mendapati blog yang menyertakan suara yang otomatis dimainkan saat blog dibuka menghasilkan kesan yang menyenangkan dan seru.Namun tidak oleh sebagian pengguna internet lainnya.

Mungkin awal-awal kebangkitan web banyak sekali kita dapatkan pemilik website pribadi yang mencantumkan lagunya dalam webnya.Tujuanya tak lain agar webnya akan semakin kaya dengan materi yang disuguhkan.Bila kita lihat kondisi sekarang, banyak pengakses web atau blog yang juga asyik mendengarkan lagu melalui player yang tersedia di PCnya.Jadi bisa kita bayangkan bila ketika asyik berseluncur ke blog teman tiba-tiba kita mendapati suara yang masuk tanpa kita kehendaki.Sungguh menggangu kan?

Lain bila keinginan menempatkan suara di blog menjelma menjadi sebuah pertanyaan.Karena secara teknis HTML sangat mendukung.

Berikut beberapa tag HTML yang bisa kita gunakan untuk menempatkan file suara di blog kita :

<embed src="yourmusicfile.mid" autostart="true" loop="true"
width="2" height="0">
</embed>

Tag tersebut bisa dikenali oleh perambah Netscape, begitu juga dengan IE 3.0 dan versi terbarunya.

<bgsound src="yourmusicfile.mid" loop="infinite">

Tag ini dikenali oleh Mozilla, Opera dan semua versi IE.

Dan karena sifatnya yang tidak saling melemahkan, terkadang menempatkan tag keduanya ke dalam template blog kita juga bukan hal yang tabu dilakukan.Seperti tag berikut :

<embed src="yourmusicfile.mid" autostart="true" loop="true"
width="2" height="0">
</embed>
<noembed>
<bgsound src="yourmusicfile.mid" loop="infinite">
</noembed>

Ada pula beberapa blog yang menempatkan tag dengan lebih santun, seperti :

<a href="yourmusicfile.mid">Play background music</a>



Dengan begitu pengunjung lebih memiliki pilihan untuk mendengarkan suara yang kita tawarkan.Hasilnya keinginan pemilik blog dan kenikmatan pengunjung bisa saling melengkapi.Kode seperti tersebut diatas bisa kita dapatkan di song2play.com

Semoga berguna.

Info terkini (09 Maret 07): Layanan serupa yang juga patut untuk dicoba adalah dari http://imeem.com. Disini kita bahkan diperkenankan membuat daftar lagu (play list) yang bisa ditampilkan secara bersamaan.

Catatan penangkapan Google :
- Berada di posisi ke-1 dengan kata kunci 'pasang lagu di blogs' di Google Indonesia pada tanggal 4 Mei 2007.
- Berada di posisi ke-2 dengan kata kunci 'backsound code for web' di Google Indonesia pada tanggal 16 April 2007.
- Berada di posisi ke-6 dengan kata kunci 'html backsound' di Google Jerman pada tanggal 29 April 2007.
- Berada di posisi ke-3 dengan kata kunci 'backsound code for web' di Google Indonesia pada tanggal 22 April 2007.' di Google Indonesia pada tanggal 16 April 2007.
- Berada di posisi ke-2 dengan kata kunci ' code html' di Google Indonesia pada tanggal 22 April 2007.' di Google Indonesia pada tanggal 25 April 2007.