Pengikut

01 Februari 2007

Blogger : Error Message with Code

Bagi yang sudah terbiasa menemukan pesan kesalahan di blogger seperti Blogger : 404-Page not found, beberapa hari belakangan ini terpantau pesan kesalahan dengan tampilan sebagai berikut :
Baca :

When reporting this error to Blogger Support or on the Blogger Help Group, please:

  • Describe what you were doing when you got this error.
  • Provide the following error code and additional information.
bX-vjhbsj

Additional information

uri: /2007/01/web-finally-felix-shown-up.html
host: edittag.blogspot.com

Pesan baru? pertama kali didengungkan oleh Blogger Employee semenjak 20 Januari yang lalu. Pemberian kode seperti bX-vjhbsj adalah pengkinian dari pesan serupa dari tanggal 4 januari 2007. Kala pertama bila kesalahan serupa muncul, tak nampak kode seperti diatas.

Lalu apakah makna pemberian kode tersebut?

Awalnya edittag kira kode tersebut pasti memiliki makna unik. Yang tak kan ditemukan di pesan kesalahan lain. Logika yang sama yang digunakan word verification yang menggunakan huruf dan angka secara acak saat kita hendak menulis posting. Wah pasti ada harapan yang digantung tinggi disini bila kita melaporkan pesan kesalahan pasti akan segera terjawab.

Ternyata pemikiran ini keliru. Edittag juga menemukan pesan dengan kode serupa di blog lain. Juga mencantumkan kode yang sama. bX-vjhbsj. Lagi-lagi kode yang sama.

Lalu apa bedanya bila melaporkan dan tidak?

Merujuk ke halaman Blogger Help Group yang ditunjuk, beberapa blogger yang menanyakan hal yang sama sampai saat ini (2 Februari 2007) juga belum mendapatkan balasan. Wah, belum apa-apa jadi enggan (baca:malas) untuk buru-buru mengikuti petunjuk yang disarankan pihak Blogger :(.

Menyedihkan lagi bila menemukan pesan kesalahan ini tidak disemua blog dalam kepemilikan akun yang sama. Jadi bisa jadi hanya satu dari 2 blog dalam akun google kita yang bermasalah.Padaha mestinya ini sudah menjadi spesifik, yang membutuhkan perlakuan spesifik pula.

Ini nih salah satu biang blog jadi susah dikunjungi. Ayo dong blogger, buktikan ketangguhanmu :D
Add to Technorati Favorites