Pengikut

01 Maret 2007

Blogger : Google Password Issues

Menarik juga untuk menanggapi beberapa pengunjung edittag yang menanyakan seluk beluk password untuk layanan google.

Dari yang awalnya sekedar menanggapi dengan ringan hingga yang lebih teknis. Cukup pantas untuk ditulis disini agar bisa berbagi dengan yang lain.

Pertanyaan pertama : Bisakah memiliki password yang berbeda untuk log in di Gmail dan Blogger? jawabannya adalah bisa dan tidak bisa. Mengapa menjawab dengan pertanyaan mendua seperti itu? karena perlakuan Google terhadap Blogger juga masih mendua. Masih ingat kan dengan fenomena New Blogger dan Old Blogger?. Nah berangkat dari sini maka pertanyaannya pun perlu diperinci. Bila yang menanyakan adalah pengguna Blogger lama, maka jelas untukmendapatkan password yang berbeda saat log in ke Gmail jelas mungkin. Dan jelas akan berbeda bagi pengguna Blogger baru, yakni jawabnya adalah tidak. Ini merunut pada kepemilikan Blogger dan Gmail. Blogger sejak diambil alih dari Google dari Pyra Lab masih menyimpan password untuk pengguna Blogger lama. Yang artinya bukan lagi berada dalam atap yang sama dengan perusahaan Google. Walau kini memang faktanya berbicara lain, Blogger milik Google. Inilah penyebabnya mengapa banyak pengguna blogger lama yang kini digiring untuk menggunakan akun Google. Untuk lebih memudahkan kepemilikan. Lalu apakah dari sini keuntungan yang bisa didapat bila kita migrasi ke akun Google? Jelas banyak.

Sebut saja layanan macam Gtalk,Google Reader, Calendar, Page Creator, Adsense, Froogle dan masih banyak lain selain dari Blogger dan Gmail yang tersebut lebih dulu diatas. Jadi saran edittag, ikutlah ramai-ramai migrasi :D

Pertanyaan kedua, Bagaiman mengganti password agar bisa sama untuk mencicipi layanan Google? Jawabnya, membaca keterangan diatas nampaknya akan sangat mudah. Mudah dalam arti kita bisa menggantinya dimana saja saat kita menikmati salah satu layananya. Anggap kita sedang membuka Gmail, maka kita bisa masuk ke menu Acuan Email -> Accounts dan pilih dibawahnya Management Google Acounts. Acuannya akan merujuk pada laman : https://www.google.com/accounts/ManageAccount?service=mail&hl=id Lalu bila kita sedang berada di lingkungan Blogger (baru) maka kita bisa masuk ke dasbor, perhatikan kata-kata My Account (posisi berada di bawah profile) dan kita akan bertemu dengan laman : https://www.google.com/accounts/ManageAccount. Meski beralamat berbeda, namun masih merujuk pada tampilan yang sama seperti muncul dibawah ini :



Semoga mencerahkan...ceileee...:D
PS : Posting ini akan digenapi dengan alamat tautan dari web yang tersebut diatas segera. Maaf bila dirasa kurang cukup. Waktuku hampir habis nih di kantor :D
Add to Technorati Favorites