Pengikut

30 Maret 2007

Blogger : Photo Hosting in Blogger

Setelah sekian lama edittag selalu menyarankan untuk menyimpan file gambar untuk keperluan blog -baik header, photo profile, logo, banner, maupun materi postingan- dengan menyimpanya dalam kondisi Draft sepertinya setelah ada kebijakan pemberlakuan materi gambar dari pihak Blogger, kini saran tersebut boleh diabaikan.

Peringatan ini dimulai dengan kegagalan untuk mengakses file gambar dalam postingan dengan keadaan disimpan dalam Draft. Alamat URL file gambar yang dulunya sangat mudah diakses secara langsung dengan perambah, kini sudah mulai menemukan hambatan.

Kendala ini mulai mendapat pencerahan dikala kita akan membuang postingan yang bermaterikan gambar di dalamnya. Perhatikan pesan peringatan berikut ini :



Dengan ini terkuaklah perilaku yang baru di Blogger. Gambar kini bukan lagi menjadi materi 'tak tersentuh'. Saat masih menggunakan platform lama (baca : Blogger lama) gambar bisa senantiasa diakses meski gambar tersebut sudah dibuang. Karena saat itu Blogger sempat mengklaim bahwa teknologi kompresinya sangat relevan untuk memperlakukan materi gambar. Nah hal ini yang kini tak lagi dilakukan. Sepertinya (ini sekedar tebakan) makin maraknya penggunaan hosting Blogger sebagai sarana penyimpan gambar.

Untuk itu berhati-hatilah disaat membuang postingan dengan materi gambar di dalamnya.

Catatan penangkapan Google :
- Berada di posisi pertama dengan kata kunci 'mengedit photo' di Google Indonesia pada tanggal 17 April 2007.
Add to Technorati Favorites