Pengikut

27 Maret 2007

Q : Question and Answer of the Day

Semoga tak ditanggapi keliru judul diatas. Juga tak sekedar ikut-ikutan tren laiknya web lain yang memajang Frequently Asked Question. Bukan pula bagian ini membahas pertanyaan terbaik seperti halnya kegiatan serupa yang biasanya mencari Employee of the Week ditempat usaha.

Tak lebih hanya sekedar wahana untuk menampung dan membahas beberapa pertanyaan yang sempat singgah ke shoutbox edittag. Namun jangan buru-buru pula menyalahkan shoutbox yang tak menyertakan fungsi reply di shoutnya ya :D.

Bisa kita mulai ?

1. "Gimana cara mengubah header?"

Bila yang dimaksud adalah mengganti header yang ada dengan materi gambar lainnya, maka bisa disesuaikan dengan jenis template blog yang dipakai. Untuk pengguna blogger dengan template klasik, kita bisa bermain di wilayah CSSnya. Seperti berikut :

#header {
background: transparent url(http://blogku.com/header-01.gif) bottom left no-repeat;
}

untuk menggantinya kita perlu mengganti alamat URL yang tertulis tebal diatas dengan alamat URL file gambar yang akan menjadi penggantinya. Tentu kita perlu mengunggah (upload)file gambar terlebih dahulu untuk mendapatkan alamat URL-nya.
Untuk pengguna tamplate baru dengan page element didalamnya, maka untuk mengganti file header dengan yang baru kita bisa melakukan penyuntingan dengan masuk ke tab[Page Elements] lalu di bagian Picture pada box header klik [Edit]. Bedanya dengan template klasik, disini kita bisa mengunggah file header baru secara langsung. Dan secara otomatis pula file header sebelumnya akan tergantikan dengan yang baru bila proses unggah selesai.

2. "Mas napa ya blogku kalo buka pake IE gak bisa terbuka penuh tapi kalo yg lain kayak firefox ama opera bisa?"

Bila mengingat kemampuan masing-masing perambah (browser) tentu ada nilai lebih dan kurangnya. Namun jelas jawaban ini tak akan memuaskan keingintahuan penanya. Untuk itu ada baiknya agar tampilan lebih aman untuk dipantau dari multi-browser maka yang perlu kita perhatikan adalah kode template yang digunakan. Beberapa kode HTML tak serta merta mengeluarkan hasil yang sama di perambah yang lain. Selain kendala teknis, hal ini biasanya terjadi karena perilaku pemilik blog yang giat menambah dan mengurangi materi blog secara manual. Minggu ini menambah kode HTML untuk memasukan kalendar, lalu di minggu selanjutnya menghilangkan kode tadi untuk diganti dengan kode untuk memasukan kode Flickr misalnya. Nah selama proses ini biasanya ada kode-kode tertentu yang luput dari pengetahuan kita untuk dibuang dan dipasang.

Repotnya lagi kode yang tertinggal tadi bisa mengakibatkan peralihan maksud untuk dibaca oleh perambah. Seperti misalnya closing tag <UL> yang terlupakan. Efeknya? file HTML dibawahnya tak lagi patuh pada kode HTML yang ada diatasnya. Ingat ya, saat kode template kita pasang pertama kali, tentu kita tak mengalami masalah seperti ini kan? Untuk itu ada baiknya kita cek kembali kode yang kita pernah pasang dan bongkar. Dari sinilah manfaat melakukan back up template menjadi penting dilakukan bagi pemilik blogger.

Bagi yang rela "berkeringat" kita bisa menyusuri kode satu persatu dengan memadukan jumlah opening tag dengan closing tag, atau <span> dengan </span> dengan pengertian bahwa jumlahnya haruslah sama. Kita bisa meminta bantuan editor HTML untuk keperluan ini. Cukup kita gunakan fungsi Find.

Namun bagi yang ingin praktis, tentu pilihan dengan menggantinya dengan jenis template yang sama menjadi lebih bijak. Bila ditilik dari kemampuan template baru blogger dengan add widgetnya, nampaknya kita tak perlu memasukan semua komponen yang pernah kita pasang secara manual. Karena ada beberapa data yang masih tersimpan rapi dalam Blogger. Nah bagi pengguna lama, tentu ini berarti kerjaan kita bertambah, kita harus memasukan daftar tautan teman, kode HTML flickr, kalendar dan teman-temannya secara manual.

Demikian, semoga bermanfaat.

Terima kasih untuk nieke dan elen atas bantuan editorialnya.

Catatan penangkapan Google :
- Berada di posisi pertama dengan kata kunci 'PASANG kalendar DI blog' di Google Indonesia pada tanggal 17 April 2007.
Add to Technorati Favorites