Pengikut

Web : Google Alert, Notify if Your Blog Was Written by Someone Else

Pernah melihat gaya penampilan yang ditawarkan oleh Google Blog Search?. Bila ditilik dari rilis pemberitaan melalui Buzz Blogger yang penyajiannya menggunakan metode terbaru, pastinya ada sesuatu yang terkini disini.

Nyatanya, dari sekian keunggulan yang pernah disebut di dalam blognya, ada satu yang mencuri perhatian edittag. Yakni penambahan fitur Google Alert. Singkatnya dengan mengaktifkan fitur ini maka kita akan selalu terhubungi manakala ada kata kunci khusus yang tertangkap di mesin pencari yang satu ini.

Tidakkah kegiatan mencari-cari blog yang menyukil artikel kita atau mencomot tulisan kita menjadi kegiatan yang begitu merepotkan bila kita lakukan secara manual? Cobalah dengan memaksimalkan fitur Google Alert!. Dengan ini maka kita akan lebih mudah mengindentifikasi web atau blog yang bisa kita proses selanjutnya.

Cara ini pernah diujikan tatkala menemukan blog latinolaz815 yang terbukti mencomot beberapa tulisan di blog ini. Jadi...siapkah untuk berburu blog? Bila jawabannya iya, ikuti langkah berikut:

1. Buka Google Blog Search yang beralamat di http://blogsearch.google.com.
2. Masukan kata kunci tertentu yang rujukannya memihak ke blog kita. Untuk contoh mudahnya, edittag menggunakan kata pencarian 'edittag' di bagian ini. Lalu tekan Search Blogs.
3. Tuju tautan yang tertampil berikut.

Klik tautan Blogs Alerts.
4. Bila muncul opsi berikut,

pilih opsi Blog dan pada kolom How Often bisa pilih as-it-happens, agar peringatan terkirim ke email kita hanya saat ada hasil pencarian baru. Tentu saja ini membutuhkan integrasi akun google untuk penggunanya. Jadi bila tidak menemukan opsi diatas ada baiknya log in ke google lebih dulu.
5. Simpan dengan menekan Create Alert.

Dan selamat menunggu hasilnya.
Add to Technorati Favorites

4 komentar:

  1. mas agus, aku dah sampai sini => http://www.google.com/alerts/manage?hl=en trus setelah itu aku bingung diapain lagi? langsung ke kirim gitu ke email klo' dpt pencariannya? trus aku bingung yg nomer 5 itu simpannya gimana? ga ada option "save" kayanya. apa kesimpan otomatis?

    thx b4

    BalasHapus
  2. setelah semua opsi terisi simpan dengan menekan tombol disebelahnya (Create Alert), selanjutnya secara otomatis hasil pencarian akan dikirim via email.

    BalasHapus
  3. waduh.....pusing kang...lemot neh...ah gaptek...

    BalasHapus
  4. it wOrks!!! hurrayyyy!!! hehe *dowh, ampe sgitunya -.-'*

    BalasHapus

Kamu bisa dapetin ilustrasi wajah yang sesuai dengan wajah kamu di moselo.com/Bikingemeys. Jangan lupa ada promo jika pesan dari aplikasinya langsung.

Postingan Populer