Pengikut

02 April 2007

Q : Can't Find Recent Readers Widget on Mybloglog

Bila bahasan mengenai Mybloglog mengemuka, hal yang kerap ditanyakan ke edittag adalah "Bagaimana cara memasang kode widget ke blogger" dan satu lagi "Mengapa tak ada code widget di akun Mybloglog saya?".

Bedanya, pertanyaan pertama pernah tersebut di postingan sebelumnya, maka bolehlah bersedih bila berkaitan dengan pertanyaan ke dua. Yak, bahasan mengenai ini hanya terbatas melalui jawaban di messenger secara personal.

Untuk itu semoga postingan kali ini bisa menjawab pertanyaan di luar sana yang mengalami kondisi serupa.

Biasanya pesan kesalahan yang sering tertangkap dalam kaitan kasus ini adalah "We are not currently offering the Recent Readers widget for adult sites. If you believe you have been labeled an adult site by mistake, please email our customer service and let us know you are not an adult site.".

Mybloglog memang menyebut hal ini sebagai alasan utama keenganannya menyerahkan kode widget bagi penggunanya. Sebuah alasan yang masuk akal bagi beberapa penyedia layanan tak berbayar tentunya. Lalu bagaimana bila kita menemukan hal ini? mengirim email ke mereka?

Tunggu dulu. Ada cara yang boleh dicoba untuk mengakalinya. Pertama adalah masuk log (log in) ke dalam akun Mybloglog. Perhatikan di bawah kotak ikon Blog yang bermasalah, klik bagian Edit Settings. Selanjutnya tuju bagian bawah di bagian Remove Site / Blog from My Profile. Ya, kita akan menghapus blog kita dalam daftar Mybloglog. Jangan takut, nanti kita akan melakukan pendaftaran lagi dengan alamat blog yang sama. Klik Remove Blog/Site*.

Nah, ada pesan konfirmasi "Please confirm that you want to remove the following site/blog.". Tekan "Confirm-Remove this site/blog".

Kembali ke Home dengan mengeklik "Go To My Home", dan cari dibagian kanan pada box Add site/blog I author. Di laman selanjutnya kita akan bertemu dangan form yang harus diisi. Isi dengan data yang lengkap dan perhatikan pada bagian Blog/Site URL seperti tertampil pada gambar berikut :


Jangan lupa pilih opsi No dan akhiri dengan Add Blog/Site.

Dan akhirnya ada konfrimasi "You have successfully added blogku. Look below for how to track your blog stats." Setelah ini kembali ke komunitas yang baru tercipta. Dan periksa apakah ada tombol "Get this widget".

Pasang dan nikmati kemunculan "Recent Reader" di blognya.

Catatan penangkapan Google:
- Berada di posisi ke-2 dengan kata kunci 'recent comments widget for blogger' pada 25 April 2007 di Google Indonesia.
Add to Technorati Favorites