Pengikut

22 Mei 2007

Blogger : Autosaving of Draft Post

Bagi yang terbiasa menuliskan postingan di Blogger, sejak 17 Mei lalu pasti sempat melihat perbedaan di bagian tombol bagian bawah. Biasanya kita mendapati [Draft] dan [Publish] kini hanya menyisakan tombol [Publish Post] dan [Save Now]. Ada penggantian fungsi tombol Draft dengan Save Now. Lalu dimanakah perbedaannya?

Pastinya kini kita postingan edittag sebelumnya yang mensyaratkan menyimpan gambar dalam keadaan draft instruksinya tak lagi berlaku ;), oh bukan, ada hal yang lebih krusial dibandingkan kepentingan sesaat tadi.

Kini tak perlu lagi ada kekhawatiran perambah mengalami crash hingga postingan kita hilang tak berbekas yang memaksa kita untuk kembali menulis apa yang pernah ditulis sebelumnya (jelas ini menyesakkan...). Atau bila warnet tempat kita mengakses tiba-tiba terkena aliran listrik, wah selamat tinggal lah postingan yang sudah lelah kta tulis. Jadi selamat tinggal kehilangan postingan :).


Bagaimana teknis penyimpanan otomatis ini? secara berkala Blogger akan mengirimkan materi postingan (baik gambar maupun tulisan) permenit ke servernya. Kita dengan segera bisa melihat proses ini saat tombol [Save Now] berganti warna menjadi abu-abu.

Blogger kini semakin banyak melakukan pembenahan ya....

Info terkait : http://buzz.blogger.com/...html
Add to Technorati Favorites