Pengikut

26 Juni 2007

Blogger : Move Blog between Accounts

Percayakah di luar sana masih ada beberapa blogger yang tak cukup hanya dengan memiliki satu akun di BlogSpot hingga kehilangan kendali atas masing-masing blognya? Mungkin ini terdengar berlebihan, tapi memang kenyataan ini pula yang sempat singgah ke blog Edittag. Tujuannya jelas mulia, ingin merangkum keseluruhan blog di akun yang berbeda. Agar nantinya kemudahan dalam pengelolaan menjadi lebih tertata.

Jelas terbayang kerumitanya bila berkeperluan mengganti layout atau mengelola komentar mesti melakukan pekerjaan yang mestinya bisa dilakukan dalam satu akun. Kegiatan nge-blog mestinya sangat menyenangkan, jadi begitu pula mestinya dalam mengelola blog. Mudah dan dimudahkan.

Untuk itu ada baiknya kita bermain dengan rekayasa untuk memuluskan jalan ke arah penggabungan blog. Anggap kita memiliki 2 akun, dalam akun pertama kita beri nama Bloggerkahiji, sedang dalam akun lainnya kita sebut Bloggerkadua. Nah akun Bloggerkadua ini memiliki blog bertajuk Edit Blog, blog ini rencanya akan kita gabung pengelolannya ke dalam akun yang sama dengan blog yang berada di dalam Bloggerkahiji. Terdengar mudah kan rencananya? lanjutkan penggambaran yang mudah ini, karena sangat membantu untuk melicinkan langkah-langkah berikut yang bisa dibilang "melelahkan".

Jadi bila secangkor kopi bisa membantu mengganti keringat yang bisa jadi mengucur, siapkan sekarang. Bila sudah, segera ke langkah berikut:

Pertama masuk log ke akun Bloggerkadua, cari blog Edit Blog lalu masuk ke Settings dan tuju menu Members. Kali ini kita akan gunakan trik yang digunakan untuk mencipta blog keroyokan, dimana kita harus mengirim undangan, dan kali ini kita kirim undangan ke diri sendiri. Wah merana banget ya kedengarannya, tapi bulatkan hati, ini langkah yang patut dan harus dilakukan. Klik Add Team Members dan isi formulirnya dengan alamat email sendiri. Klik submit lalu keluar log (log out). Pastikan kali ini kita sudah benar-benar keluar log sebelum dilanjut.

Cek email tadi dan temukan email baru dengan rujukan untuk bergabung ke blog Edit Blog. Klik tautan yang ada di dalamnya. Ini akan membawa kita ke halaman sign in. Nah kali ini kita masuk log sebagai Bloggerkahiji. Sesaat setelah masuk akan dijemput tautan baru yang akan mengkonfirmasi keinginan untuk bergabung ke blog yang dimaksud. Klik Join dan kita akan bergabung. Bila ini selesai, segeralah keluar (sign out).

Lanjutkan untuk kembali sign in sebagai Bloggerkadua. Tuju halaman Team di Edit Blog. Tampak kedua nama akun kita terpampang disana. Jadikan kedua akun itu sebagai Admin, bila masih ada tulisan guest klik kata tersebut untuk menggantinya dengan Admin. Saat keduanya sudah berposisi sama sebagai Admin, sign out.

Masuk lagi sebagai Bloggerkahiji (oh ya, kopi masih tersisa? tandaskan sekarang bila haus, sebentar lagi selesai). Kembali tuju halaman Team di edit blog. Sekali lagi, kita akan menyaksikan dua akun kita sebagai admin terpampang dengan akur disana. Kali ini klik ikon Remove di sebelah akun yang tidak digunakan untuk masuk saat ini. Hati-hati memilihnya. Bila salah memilih kita harus mulai dari awal lagi :(.

Usai kegiatan tadi dilakukan, kita sudah memindahkan satu blog dari akun satu ke lainnya. Langkah ini juga bila dilakukan untuk menggabungkan blog dari 2 individu pemilik yang berbeda. Jadi bila blog edittag ingin dipasrahkan ke Anda, siapkah jadi penerusnya ;) ?

Add to Technorati Favorites