Pengikut

05 September 2007

Adsense : Refferrals

Saat ini bisa dibilang kendala untuk menampilkan iklan adsense di blog menjadi semakin berkurang dengan kehadiran Google Refferals. Berbeda dengan produk adsense lainnya yang sudah dikenal, refferral ini memang relatif banyak membantu penggila Adsense yang masih berkutat dengan keterbatasan iklan adsense yang dimunculkan. Seperti misalnya iklan ads unit maupun link unit yang sangat jarang muncul.

Bila diatas sempat menyebut "berbeda dengan produk adsense lainnya", dalam praktiknya perbedaan ini juga berlaku terhadap penilaian penghitungan. Produk ini tak dihitung PPC (PayPerClick), namun berbasis PPA (Pay Per Action). Ada kata "Action" di dalamnya. Mengacu pada pendapatan yang hanya bisa didapat, ketika iklan referral kita diproses lebih lanjut oleh penggunanya. Bisa dalam artian diklik lalu membeli produk, mengunduh file, dan lain sebagainya. Tindakan ini sangat ditentukan oleh pemasang iklan yang bersangkutan. Wah..hampir sama dengan pengguna afiliasi Bravenet kan?

Biasanya kita bisa menggunakan layanan ini bila ada semacam pemberitahuan berupa tips seperti contoh berikut :

Congratulations, your account has been upgraded to include the all new Referrals 2.0 - click here to get started


Atau bila tak memperhatikan tips tadi, kita bisa mengeceknya dibagian :
Adsense setup -> Products -> Referrals.

Ada lebih dari 15 produk atau iklan tertentu yang bisa berganti-ganti di unit referral ini. Kita bahkan bisa memilih kategori atau kata kunci tertentu untuk memastikan bahwa kita selalu menampilkan iklan terbaru saat iklan tersebut tersedia.

Dari sini kita akan ditawarkan beragam pilihan kategori dari semua produk yang tersedia. Misalnya Animals, Arts & Humanities, Automotive hingga Travel. Lalu di masing-masing kategori juga ada sub kategori, seperti Pets, Veterinarians, Wildlife dalam kategori Pet. Setelah menemukan kategori dan subkategori yang sekiranya mudah untuk ditawarkan (terlebih bila cocok dengan tema blog yang kita bawa), maka klik "View products". Selanjutnya kita bisa mengeklik tombol "Add this category to cart". Maka dalam sekejap, kolom di sebelah kanan akan menyajikan tampilan "Ad format". Kita bisa klik "Choose size". Cari ukuran yang nantinya akan ditampilan sebagai ukuran tampilan iklan. Setelah itu klik tombol "Continue". Hingga kita dapatkan kode adsense disini. Seperti biasa, salin kode ini dan pasang dalam blog kita.


Kabarkan ke teman blog ini

Free Tell-a-Friend by Bravenet.com