Pengikut

Web : Whozontop and Its Protection Service

Pencurian materi tulisan memang sering menggugah kekhawatiran pemilik blog. Sebuah tulisan mengandung buah pemikiran yang mestinya dihormati pihak lain. Materi tulisan juga menuntut adanya pengorbanan. Jadi sangat dimengerti bila tulisan yang dicipta dengan sepenuh hati lalu tiba-tiba muncul dan diakui oleh pihak lain dengan mudah memercik kegeraman.

Lingkungan blogger yang sarat dengan tulisan tentu menjadi ajang yang empuk bagi para plagiator untuk berburu materi tulisan. Keadaan ini tentu disadari oleh beberapa pemilik blog. Sering kita temui beberapa blog membatasi fitur tententu pada perambah (browser) agar tak mudah tercuri. Bahkan kondisi ini juga disadari penuh oleh salah satu situs penyedia widget blog terkemuka. Sebut saja whozontop.

Situs yang menjalankan layanan penjelajah konten website atau blog ini juga melengkapi widgetnya dengan fitur anti klik kanan. Bila kita mendaftar pada layanan mereka, di ujungnya kita akan ditawari sebuah widget yang apabila terpasang akan secara langsung mengaktifkan fitur ini.



Tentu sebuah tawaran yang menggiurkan. Ini disadari bahwa mencari kode serupa (yang biasanya terwadahi oleh kode javascript) juga tak mudah. Kendala lain juga muncul pada saat pemasangan kodenya di template/layout blog. Dua kesulitan ini telah dicoba dikurangi dengan hanya memasang widget dari mereka.

Namun apakah benar pengaktifan fitur ini akan mengamankan blog kita dari tangan jahil?

Dalam pernyataan tertulis di situsnya, whozontop mengakui bahwa cara ini akan sedikit meredam aktifitas pencurian materi tulisan serta mengingatkan akan materi yang mungkin bisa menjadi sebuah hak cipta pihak lain (dimunculkan dengan semacam alert dengan peringatan keras pada jendela mini).

Tentu mereka tepat mengemukakan alasan ini. Cobalah mengakalinya dengan menyorot beberapa paragraf pada blog yang memasang widget mereka. Setelah tersorot lalu tekan Ctrl+C (atau copy). Terakhir cobalah buka aplikasi notepad dan tekan Ctrl+V (paste). Bret....paragraf yang tersorot tadi akan ikut berpindah ke notepad.

Sebuah trik mudah (tanpa klik kanan)yang juga perlu diwaspadai.


Kabarkan ke teman blog ini

Free Tell-a-Friend by Bravenet.com

5 komentar:

  1. saya pernah pake antiklikkanan, yg terjadi malah dianggap pelit krn pengunjung yg benar2 butuh artikel kita jd ga bisa ngopi. cara ctrl+c dan ctrl+v tnyata ga efektif, yg akhirnya masih bisa ngopi tho?

    kl mau liat template html masih bisa pake fasilitas mozilla, menu view - page source.

    drpd dicerca dan digerami pengunjung, kembali deh default deh :)

    BalasHapus
  2. kalo yang keren itu yang kayak di kompas itu, ampe udah offline tetep aja gak bisa di copy, terpaksa bukanya make dreamweaver + ngedit lagi :D
    tapi kalo adsense yang di klik kanan gak ngefek lho mas:P

    BalasHapus
  3. Anonim8:03 PM

    sy pake ini tidak bermaksud melarang pengunjung blog sy mengcopy (hehe lagian apa yg mau dicopy). Iseng2 aja, eh kadang2 sy sendiri ikut kesel krn gak bisa klik kanan :D, tp so far masih sy pake :)

    BalasHapus
  4. wah seru juga ya pengalamanya. kalo untuk kasus blog ini sih memang kayaknya dah ga pantes pakai ginian. kasihan nih yang ga bisa copy paste kode tutorialnya hanya karena tak bisa klik kanan :).

    BalasHapus
  5. Anonim9:42 AM

    sebenernya bloging adalah ajang curhat mencurahkan cerita pikiran dll..... yang tadinya ngak di publikasikan begitu masuk bloger malahah otomatis di publikasikan dunk >>publikasi berati tulisna anda sudah siap di coppy si pembaca kedalam pikirannya/copas ke blog na/ meida apa aja (awal sebelum kita menulis jg hrus thu apaakah tulisna kita ini patut untuk di publikasikan/ ngak tergantung anda....)

    informasi adalah titipan
    begitupun dengan ilmu pengetahuan
    jdi jangan kikir untuk berbagi ilmu toh nanti di alam sana akan di tanya kebaikan apa yng telah anda lakukan dengan ilmu pengetahuan yang telah di titipan itu

    selalu ada jalan untuk suatu perkembangan

    BalasHapus

Kamu bisa dapetin ilustrasi wajah yang sesuai dengan wajah kamu di moselo.com/Bikingemeys. Jangan lupa ada promo jika pesan dari aplikasinya langsung.

Postingan Populer