Pengikut

19 September 2007

Blogger : Google-analytics Certificate

Mungkin kejadian berikut pernah pula dialami rekan blogger lainnya. Kesulitan untuk masuk log ke Blogger.com. Kali ini bukan perkara lupa sandi, namun berkenaan dengan perambah (browser) mozilla firefox.



Mungkin tanpa sadar kita tak begitu memperhatikan adanya sebuah verifikasi data begitu kita mengetikan alamat URL blogger. Mereka biasa bekerja "melalui pintu belakang" hingga tak sekalipun mengusik kegiatan kita. Namun ini bisa jadi bermasalah begitu google-analytics.com menyebut tak lagi mampu memberikan sertifikat keamanan untuk mengenkrip data saat data ditransmisikan ke komputer.

Walhasil kita bisa saja mengalami kesulitan untuk membuka situs blogger.com. Akibatnya kegiatan posting blog pun bisa terimbas. Repot kan?

Nah, seperti disebut dimuka bahwa proses ini biasa dilakukan secara diam-diam antara pihak pemberi sertifikat dan perambah (mozilla dalam hal ini), maka ada baiknya kita melakukan pengecekan sebagai berikut :

1. Pastikan penanggalan di komputer yang kita gunakan sesuai dengan tanggal saat ini. Hal ini untuk memastikan bahwa sertifikat yang digunakan masih berlaku. Sertifikasi terakhir yang sempat tertangkap adalah tanggal 22 Juli 2006. Jadi bila penanggalan komputer disetel sebelum tanggal tersebut sangat mungkin akan senantiasa muncul jendela mini untuk mengingatkan penggunanya untuk membarui sistem komputernya.

2. Masuklah ke Gmail. Senyampang kita telah masuk ke akun Google, maka mestinya saat kita mengakses gmail maupun produk google lainnya, kita nantinya akan dihantarkan ke pemberi sertifikat google untuk mendapatkan yang terbaru. Jadi begitu kita berhasil membuka inbox Gmail, coba akses alamat http://blogger.com/home.

3. Bersabar saat membuka blogger.com. Sepertinya tindakan ini yang paling mudah ya? namun kadang juga sering terlupakan. Bulan ramadhan seperti saat ini memang wahana yang tepat untuk mempraktekan kesabaran.

Kabarkan ke teman blog ini

Free Tell-a-Friend by Bravenet.com