Pengikut

24 September 2007

Blogger : Halaman Tidak Ditemukan

Wah pasti bikin shock nih begitu mengetik alamat URL Blog sendiri, namun justru pemberitahun ini yang muncul :

Halaman Tidak Ditemukan
.

Kaget, heran , tak percaya, semua bisa berbaur jadi satu. Jangankan melongok blog sendiri, melihat blog temen yang muncul pesan serupa di atas pasti juga bereaksi sama.

Sebelum jauh-jauh memikirkan bahwa ini pasti ulah penyedia layanan blogger, ada baiknya instropeksi diri. Blogger.com selaku penyedia juga menyediakan akses penuh bagi pemiliknya untuk menghapus blog milik sendiri atau blog yang dikelola bersamaan selama kita memegang tampuk admin di dalamnya.

Perhatikan saja di bagian Pengaturan, lalu di halaman Dasar, maka akan kita temukan tombol Hapus Blog Ini di ujung paling bawah. Tombol ini menegaskan bahwa tak hanya pihak Blogger.com yang berurusan dengan masalah menghilangkan blog. Kita pun sebagai pemiliknya bisa jadi tertuduh bila blog kita hilang.

Memang 'sih itu terjadi jika dan hanya jika kita secara sengaja menghapusnya. Bagaimana dengan unsur ketidaksengajaan? Terdengar janggal memang bila kita tak sengaja menekan tombol ini. Sebab masih ada unsur konfirmasi sesaat tombol ini ditekan. Dan bila ingatan rekan-rekan masih hangat, dulu tombol ini berada di sisi kiri, sisi yang hampir mudah ditemui dan mudah pula mengundang ketidaksengajaan mouse untuk menghampiri dan menekannya. Namun kini tombol ini berada di sebelah kanan, posisi yang juga hampir dekat dengan scrollbar. Serba salah ya.

Seperti yang dialami rekan edittag, yakni http://kalolagimood.blogspot.com/. Kini pertanyaannya adalah "bisakah blog yang hilang dikembalikan seperti sedia kala?", hm...maaf sekali bila harus dijawab dengan "Tidak". Kecuali : blog kita dihosting di server sendiri. Bila dalam kondisi ini maka kita harus menghapusnya secara manual melalui FTP. Langkah yang terbilang repot namun aman dari kehilangan "secepat kedipan mata".

Lalu rekan lainya juga mengeluhkan hal senada, blognya hanya menyisakan kalimat berikut :

This blog has been archived or suspended for a violation of our Terms of Service.


Bila merunut pada alasan utama yang tertera di halaman tos, maka blog ini "teridentifikasikan" oleh pihak penyedianya melakukan pelanggaran dengan tidak mematuhi bagian :

the Content is not spam, and does not contain unethical or unwanted commercial content designed to drive traffic to third party sites or boost the search engine rankings of third party sites, or to further unlawful acts (such as phishing) or mislead recipients as to the source of the material (such as spoofing);

Apapun alasan kita (bila kita menyanggahnya tak melakukan perbuatan seperti diatas), tetap saja sering kita kesulitan untuk mendapatkan blog itu kembali. Sebab kolom Support yang berada di bagian atas lembar tos juga sudah ditutup:

Support is currently closed.

Please feel free to browse the FAQ.

Hm, bila mereka sudah menutup "telinga", akan berlebihan bila harapan dibuncahkan disini. Berhati-hatilah, terutama bila kita sebagai pengguna tak berbayar. Pemegang nasib blog memiliki kuasa penuh akan blog kita nantinya. Ingin punya blog sendiri? silahkan untuk ditimbang-timbang.


Kabarkan ke teman blog ini

Free Tell-a-Friend by Bravenet.com