Pengikut

Blogger : OpenID for Commenting on Blogspot

Pada awalnya edittag memberlakukan pembukaan komentar di blog ini untuk siapa saja. Artinya siapapun yang ingin berkomentar di blog ini bisa turut berpartispasi. Bahkan yang tak memiliki akun Google sekalipun.

Namun langkah ini terbukti merepotkan di kemudian hari. Beberapa kali edittag menemui komentar yang lebih pantas dianggap spam dengan menyebarkan alamat situs tertentu didalamnya. Bila demikian adanya, memang harus ada jalan lain untuk dicoba.

Seakan terbaca pikirannya oleh Pak Noor Azis dari kuwait, kini Blogger.com mempersilahkan pengguna Open ID, yakni platform blog lain diluar Blogspot untuk turut ambil bagian berkomentar secara mudah di Blogspot. Ini berarti bila Edittag memberlakukan pemberian komentar hanya bagi mereka yang telah terdaftar memiliki akun blog, maka mereka yang bisa mengisi komentar disini selain pemilik akun Google juga bisa dari Wordpress, LiveJournal, TypeKey maupun OpenID lain. Ini bagus untuk menghindari perilaku spammer yang terkadang mengaku sebagai anonim dalam menjalankan aksinya.

Tapi ingat, untuk Anda yang ingin mencoba membuka komentar bagi pemegang akun yang sudah terdaftar seperti diatas, maka Anda mesti melakukan penyetelan dalam Draft. Sebab Blogspot belum mempublikasikannya untuk pengguna konvensional. Mungkin ini adalah salah satu cara untuk melihat efektifitas kegunaanya agar nantinya tak bermasalah di kemudian hari.

Coba lihat tangkapan layar untuk menjelaskan perbedaan pengaturan di blogger konvensional dan Blogger Draft :



Bagi Anda yang ingin mencoba mengisi komentar dengan akun Wordpress, Anda bisa saja langsung memberi komentar di postingan ini, lalu pilih akun Wordpress sebagai profilnya. Lalu beberapa saat kemudian Anda akan dibawa ke halaman notifikasi bahwa Anda harus log in terlebih dahulu ke wordpress. Setelah log in, maka akan ada pemberitahuan seperti dibawah ini.



Klik, dan nantinya pihak Wordpress akan mengirimkan profil datanya ke Blogspot sebagai pengirim komentar.

Nah kini Anda bisa menentukan, apakah cara seperti ini juga ampuh untuk melawan spam?

Kabarkan ke teman blog ini

Free Tell-a-Friend by Bravenet.com

7 komentar:

  1. wah udah dibuka nih... ini komentar dari blogger... :)

    BalasHapus
  2. Anonim12:47 AM

    yang ini dari wordpress... nyoba2 aja gak papa khan mas agus?
    wp-nya seh belum ada isinya...:)

    BalasHapus
  3. iya tuh om.. tapi ada yang lebih ringkas lagi gak biar bisa leave comment dengan gravatarnya sekalian, misalkan dia bukan pengguna blogger tapi tetap keluar gravatarnya.

    BalasHapus
  4. azfaaz dan azfa, dua penampakan identitas berbeda dari akun blogspot dan wordpress meski pemiliknya sama :), makasih pak infonya!

    pro fariezweb : nah ini dia nih, gravatarnya memang tak turut serta dibawa, meski kita sudah mengedit profile di wordpress skalipun. perhatikan contoh dua komentar diatas, akun wordpress hanya menampakkan ikon seperti huruf i dan d (mungkin logo dari openID). sepertinya memang belum ditambahkan pemunculan gravatar untuk akun selain dari Google, sayang ya....

    BalasHapus
  5. Anonim12:54 PM

    ini jg tes aja ya mas agus..bole di-delete kok..

    btw selamat menikmati koneksi Inet di jepang.. :D

    BalasHapus
  6. makasih, wah pake openID nih :)

    BalasHapus
  7. Anonim5:40 PM

    asik kan?

    BalasHapus

Kamu bisa dapetin ilustrasi wajah yang sesuai dengan wajah kamu di moselo.com/Bikingemeys. Jangan lupa ada promo jika pesan dari aplikasinya langsung.

Postingan Populer