Pengikut

Twitter : The new Rockstar from Valley

Beberapa rekan blogger sempat menanyakan perkembangan informasi selepas gegap gempitanya friendster dan blogger. Apa lagi yang mungkin bisa diciptakan untuk menandingi kesuksesan mereka?

Sepertinya akan menjadi hal yang sulit terjawab meski hanya sekedar pertanyaan yang mungkin saja basa basi.Kita tak akan pernah tahu sesuatu hal hingga kemudian tiba-tiba muncul di depan hidung begitu saja. Untuk itu ada baiknya bertanya kepada Evan Williams.

Dialah sosok dibelakang munculnya blogger dan odeo. Sukses blogger yang menarik perhatian Google hingga diakuisisi menjadi salah satu bukti nyata kecermatan seorang Evan melihat arah pergerakan perilaku interaktif antara hubungan personal dan internet.

Dan ini sekali lagi terbukti dengan keberadaan Twitter yang digagasnya. Bagi yang belum begitu mengenal twitter, ini adalah semacam pencatat mungil yang memungkinkan seseorang anggotanya untuk memberi kabar kondisi terkini yang sedang dilakukannya. Ada dua kata kunci disini, pencatat mungil dan kondisi terkini.

Bila kita mengenal blog sebagai media aktualisasi pribadi melalui postingan yang tak dibatasi panjangnya, disini tak bisa lagi semena-mena. Hanya ada 140 karakter teks yang diijinkan ditulis. Mungkin pembatasan karakter seperti ini sangat familiar bagi pengguna sms. Maka tak salah bila akhirnya untuk menuliskan pesan di twitter juga bisa dilakukan dengan pesan singkat (SMS). Nah, kemudahan inilah yang bisa menjadi solusi tepat bagi mereka yang terbiasa menyebarkan informasi namun bisa dilakukannya secara mobile. Cukup dengan pesan singkat, berita dengan cepat segera bisa diakses pembaca lainnya.

Sejiwa dengan blog, namun lebih ringan dalam penyampaian. Salah satu ciri pelaku kehidupan dinamis. Edittag saat ini juga mencobanya. Perhatikan pesan singkat yang terpampang dibagian atas blog ini. Sejauh ini memang meringakan di pikiran dan mudah penggunaanya. Tak seperti menulis blog yang terkadang membutuhkan beberapa paragraf, kini aturan seperti alinea, paragraf bisa dipangkas. Bisa jadi ini berita gembira bagi yang malu-malu menulis berita panjang-panjang. Menyenangkan untuk dicoba pastinya.

Dan baiknya lagi bagi pemilik blog, kita bisa mencamtumkan catatan kita di twitter dengan bantuan widget. Dengan bekal badge yang ada di dalam twitter, pengguna blogger pun dengan mudah bisa menambahkan fitur ini.

Sekedar meyakinkan, coba deh liat grafik berikut. Grafik yang menggambarkan perkembangan jumlah kumulatif pesan di blogger dan twitter. Cukup meyakinkan untuk menjawab pertanyaan rekan edittag.


Berit didapat dari : http://www.kottke.org/07/05/growth-of-twitter-vs-blogger


Kabarkan ke teman blog ini

Free Tell-a-Friend by Bravenet.com

19 komentar:

  1. tapi kayaknya lebih enak jaiku deh mas. aku masih punya jatah invitation. mau aku invite?

    BalasHapus
  2. saya dl jg punya akunnya cuman twitter udah berkurang gaungnya, kini yg lg hits adalah kronologger, istilahnya ngekron. lebih simpel, apalagi ramah ponsel. usernya jg banyak.

    dulu saya pernah pasang widgetnya di blog, tp memberatkan loading akhirnya cukup saya pasang link kronolady :)

    hehehe promosi nih, buatan anak negeri lg lho :P

    BalasHapus
  3. Pro dena : makasih tawarannya, jaiku itu diakuisisi oleh Google, dan nyatanya ciptaan kang Evan masih mengungguli produk Google ini. Jadi
    tawarannya bisa ditangguhkan dulu.

    Pro Lady : ngekron, sudah banyak anggotanya di seantero negeri ini, micro blog ini memang mengikuti kesuksesan twitter. kejadian yang tercatat mencengangkan oleh edittag yakni saat dilangsungkannya pesta blogger kmarin, hampir setiap detik pasti ada kaum kronologger yang menampilkan kejadianya langsung dari tempat. eh saat kita ketemu di malang kan kronologger sempet susah dibuka lo....aku gara2 kita cuekin makan2 ya :D

    BalasHapus
  4. Lha, bukannya enakan blogging, Kang?

    Memang apa sih keunggulannya daripada blog?
    :)

    Nazieb

    BalasHapus
  5. pro riff, enakan mana blog atau nulis di twitter, keduanya jelas enak dengan lingkup cakupan alasan yang berbeda. alias kehadirannya tidak untuk saling mengalahkan. aku ngeblog dan aku juga main di twitter.
    manfaatnya, kayaknya sekarang blogku lebih terlihat terupdate meski sebenernya hanya tulisan di twitter yang lebih baru. coba liat, penunjuk tulisan 5 minutes ago atau less than 2 hours, jadi terlihat ada yang baru disini.

    jadi bisa enak dikeduanya kan :)

    BalasHapus
  6. males aja nambah2 lagi yang harus diurus :)) cukup dulu dengan kronologger sebelum 'ngedipin' yang lain :D

    BalasHapus
  7. duh cepet banget ya perkembangan mainan baru, ini aja aku baru belajar ngeblog gara-gara buku kang hery =D

    lam kenal ya kang, terus berkarya!!

    -------------------------
    wonderful-bali.blogspot.com

    BalasHapus
  8. salam kenal kembali gusti, makasih dah berkunjung ya...

    tenang aja, satu persatu pelajari, memang inilah indahnya internet, informasi bisa semakin banyak bila semakin sering terlibat.

    sukses untuk blognya.

    pro donny : setuju bung!, ngekron atau lainnya? yang penting update :)

    BalasHapus
  9. Wahhh..aku baru engeh tuh mslh twitter Bang Agus....makin hari makin banyak n menggiurkan aja ya product2 di dunia maya ini.....tapi
    aku mau meningkatkan kualitas menulis yg bener aja dulu ah,..buat nyainging Bang Agus.....hehe ,

    Keep on blogging!

    BalasHapus
  10. Betul bang Iwan, fokus ke yang lebih dekat dengan yang kita kelola lebih dulu. Nanti dalam proses akan banyak hal yang bisa dipelajari lebih lanjut secara lebih mudah.

    Menyaingi tulisan? duh saya belum pantas disandang punya potensi menulis dengan baik. Sebatas penulis blog yang ingin dituangkan ke dalam postingan. Jadi siapa tahu saya perlu belajar ke Iwan nih :)

    BalasHapus
  11. mari sambut tahun baru 2008 dengan mengucap syukur kepada Allah swt.amien. selamat thn baru 2008 bung agus......!!!!!!!!!

    BalasHapus
  12. Selamat Tahun Baru semua!...semoga tahun depan menjadi tahun yang jauh lebih baik dari tahun ini...amin..

    BalasHapus
  13. Anonim5:55 PM

    si Kronologger.com itu menggunakan teknik ini to? jadi ide si Evan lewat twitternya dibuatkan versi Indonesia dengan Kronologgernya??

    Salut bener sama Evans!! Double Double Thumbs ;)

    BalasHapus
  14. Jadi jelas membantu bagi yang lebih suka tampilan dalam bahasa indonesia kan? dan bagusnya pula lebih kenal mudah dgn anggota komunitas yang sama.

    BalasHapus
  15. dah make twiter euy, tapi masih nyariin yang sistemnya sideblog. ada ga mas?

    BalasHapus
  16. thanks for commentnya tentang kronologger

    BalasHapus
  17. pro andro : sideblog? aku malah kepikiran masang twitter di sidebar,,,hehehe...bukan itu ya? lagian twitter kan terbatas karakternya, jadi kepikirnya dialokasiin aja di bagian sidebar biar praktis.

    pro kukuh : terima kasih pula nih dah turut sumbang komentar.

    BalasHapus
  18. mas agus cara pasang di blog bagaimana soalnya di blog aku my-blogwalking.blogspot.com kode2 twitternya masih terlihat :(

    BalasHapus
  19. coba tambahkan RSS Twitter ke Gadget, cek apa ada kode2 yg aneh yg terbawa, terus coba juga delete yg sudah ada (yang keliru), lalu pasang yg baru.

    BalasHapus

Kamu bisa dapetin ilustrasi wajah yang sesuai dengan wajah kamu di moselo.com/Bikingemeys. Jangan lupa ada promo jika pesan dari aplikasinya langsung.

Postingan Populer