Pengikut

22 Januari 2008

Blogrolling : Add Mark to Recently Updated Blog

Postingan sebelumnya, edittag sempat menyampaikan cara menata tampilan kumpulan link dari blogrolling dengan menggunakan bantuan tag div. Dengan bantuan ini, tentu sangat membantu menghindari kekecewaan akan habisnya ruangan pada kolom samping (sidebar) bila semua link ditampilan secara utuh.

Kali ini edittag akan bahas dari sisi yang lain. Ini terkait dengan pertanyaan bagaimana memunculkan tulisan "Ada yang baru" dibelakang link yang dalam kurun waktu 20 menit terakhir misalnya. Ya, blogrolling memang tehitung punya kelebihan untuk memantau blog yang sedang diupdate. Trik mereka juga sangat sederhana, sebab kita tak perlu memasukan alamat feed dari tiap link blog yang kita tambahkan. Jadinya fitur ini menjadi berguna bagi yang tak ingin repot membaca feed, namun juga meringankan penggunanya yang kadang kelimpungan bila harus menyetorkan alamat feed blog yang dimaksud.

Kali ini kita akan mencoba untuk menambahkan kata-kata "Ada yang baru" sebagai penanda adanya postingan baru dibelakang link sebagai petunjuk yang memudahkan pemantauan.

Untuk mengoptimalkan pilihan ini, terlebih dulu kita mesti log on ke dalam akun Blogrolling. Di dalam halaman bertajuk "Mission Control", tuju bagian Preferences. Gulung halaman ke bawah, hingga menemukan bagian : Recently Updated.



Pilih durasi yang diinginkan untuk mengecek rentang waktu umur postingan yang baru saja dipublikasikan. Pilihan rentang waktu yang tersedia, mulai dari 30 menit hingga 48 jam. Pilih yang waktunya relatif pendek. Bayangkan bila kita memilih waktu terbesar (48 jam), bisa dipastikan hampir semua link bisa-bisa malah memunculkan tanda pemberitahuan "Ada yang baru" dibelakangnya. Tentu bisa percuma saja kita beri sesuatu yang beda bila semua link memunculkan tulisan "Ada yang baru" hanya karena rata-rata dalam 2 hari mereka mengupdate blognya kan :)

Langkah selanjutnya adalah memberikan nilai "Ada yang baru" dibagian Append to recently updated link. Dengan ini maka tulisan "Ada yang baru" akan dilekatkan dibagian belakang alamat link. Apakah harus tulisan seperti "Ada yang baru" yang bisa kita isikan disini? tentu ini hanya salah satu contoh. Bila tulisan tersebut dirasa kepanjangan, kita bisa mengisikannya dengan kata yang lebih pendek, misalnya "baru", atau bisa pula tanda khusus, misalnya * (asterix). Atau, bila ingin beda, kita bisa format agar penanda tersebut berwarna merah, tinggal kita bubuhkan tag html : <font color=red> Ada yang baru </font> didalamnya.

Atau bisa pula gambar. Yakni dengan mencantumkan alamat URL file gambar yang sudah kita upload di web/blog. Misalnya http://blogku.blogspot.com/images/gambarkecil.gif. Hanya saja berhati-hatilah dengan penggunaan gambar. Gambar dengan ukuran kecil, misalnya 10*10 pixel akan lebih mudah menyatu dengan fitur ini. Tentunya dengan catatan kita mengaktifkan ikon bertanda gambar ini. Di bagian URL to Image Translation. Centanglah pada opsi Check to enable. Lihat contoh di blog ini untuk melihat hasil jadi.

Selamat berkreasi!


Kabarkan ke teman blog ini

Free Tell-a-Friend by Bravenet.com