Pengikut

Blogrolling : Add Mark to Recently Updated Blog

Postingan sebelumnya, edittag sempat menyampaikan cara menata tampilan kumpulan link dari blogrolling dengan menggunakan bantuan tag div. Dengan bantuan ini, tentu sangat membantu menghindari kekecewaan akan habisnya ruangan pada kolom samping (sidebar) bila semua link ditampilan secara utuh.

Kali ini edittag akan bahas dari sisi yang lain. Ini terkait dengan pertanyaan bagaimana memunculkan tulisan "Ada yang baru" dibelakang link yang dalam kurun waktu 20 menit terakhir misalnya. Ya, blogrolling memang tehitung punya kelebihan untuk memantau blog yang sedang diupdate. Trik mereka juga sangat sederhana, sebab kita tak perlu memasukan alamat feed dari tiap link blog yang kita tambahkan. Jadinya fitur ini menjadi berguna bagi yang tak ingin repot membaca feed, namun juga meringankan penggunanya yang kadang kelimpungan bila harus menyetorkan alamat feed blog yang dimaksud.

Kali ini kita akan mencoba untuk menambahkan kata-kata "Ada yang baru" sebagai penanda adanya postingan baru dibelakang link sebagai petunjuk yang memudahkan pemantauan.

Untuk mengoptimalkan pilihan ini, terlebih dulu kita mesti log on ke dalam akun Blogrolling. Di dalam halaman bertajuk "Mission Control", tuju bagian Preferences. Gulung halaman ke bawah, hingga menemukan bagian : Recently Updated.



Pilih durasi yang diinginkan untuk mengecek rentang waktu umur postingan yang baru saja dipublikasikan. Pilihan rentang waktu yang tersedia, mulai dari 30 menit hingga 48 jam. Pilih yang waktunya relatif pendek. Bayangkan bila kita memilih waktu terbesar (48 jam), bisa dipastikan hampir semua link bisa-bisa malah memunculkan tanda pemberitahuan "Ada yang baru" dibelakangnya. Tentu bisa percuma saja kita beri sesuatu yang beda bila semua link memunculkan tulisan "Ada yang baru" hanya karena rata-rata dalam 2 hari mereka mengupdate blognya kan :)

Langkah selanjutnya adalah memberikan nilai "Ada yang baru" dibagian Append to recently updated link. Dengan ini maka tulisan "Ada yang baru" akan dilekatkan dibagian belakang alamat link. Apakah harus tulisan seperti "Ada yang baru" yang bisa kita isikan disini? tentu ini hanya salah satu contoh. Bila tulisan tersebut dirasa kepanjangan, kita bisa mengisikannya dengan kata yang lebih pendek, misalnya "baru", atau bisa pula tanda khusus, misalnya * (asterix). Atau, bila ingin beda, kita bisa format agar penanda tersebut berwarna merah, tinggal kita bubuhkan tag html : <font color=red> Ada yang baru </font> didalamnya.

Atau bisa pula gambar. Yakni dengan mencantumkan alamat URL file gambar yang sudah kita upload di web/blog. Misalnya http://blogku.blogspot.com/images/gambarkecil.gif. Hanya saja berhati-hatilah dengan penggunaan gambar. Gambar dengan ukuran kecil, misalnya 10*10 pixel akan lebih mudah menyatu dengan fitur ini. Tentunya dengan catatan kita mengaktifkan ikon bertanda gambar ini. Di bagian URL to Image Translation. Centanglah pada opsi Check to enable. Lihat contoh di blog ini untuk melihat hasil jadi.

Selamat berkreasi!


Kabarkan ke teman blog ini

Free Tell-a-Friend by Bravenet.com

17 komentar:

  1. Anonim8:31 AM

    bloggrolling important untuk traffic juga ...aku ada baca di net magazine cuba click di blog ak yang simple ni http://bonoriau.com untuk detail nya

    BalasHapus
  2. Anonim8:41 AM

    Waaaa...

    Makasih infonya ya...^-^

    BalasHapus
  3. makasih infonya mas agus

    BalasHapus
  4. Anonim2:26 PM

    Asl...ehe...info bagus..ehe..thanks

    BalasHapus
  5. Anonim8:17 PM

    horeeeeeeeeee berhasiiiiiil!!!!

    BalasHapus
  6. Anonim10:02 PM

    wew, infonya sip mas, dengan begini ga bakal ketinggalan artikel ediitag terbaru, hehehe

    BalasHapus
  7. Terima kasih bonoriau untuk artikel tambahanya. Dan memang langsung terbukti dengan komentar dari awantoriadi yang rela mampir bila diketahui ada yg baru di blog ini :)

    pro labyrinth, anang, alf dan meitumutiara makasih ya dah dipraktekin dan dikomentarin...

    BalasHapus
  8. Anonim9:57 AM

    terima kasih bos

    BalasHapus
  9. Anonim12:43 PM

    kang, lapor ... kayaknya ada yg error deh ... ko' ada yg ga muncul just updatednya ya, padahal yang punya blog baru update. terus kejadian yang sama ketika blogku baru update, ditempat yang lain ga keluar tulisan updatednya. kenapa ya kang?

    BalasHapus
  10. kondisi diatas bisa terjadi karena beberapa hal, misalnya :
    - blogrolling masih menggunakan cache yang masih lawas, untuk mengakalinya coba kosongkan cache di browser dan refresh kembali blognya.
    - blog kita juga masih memuat tampilan lawas, ini juga bisa diakali dengan hal diatas.
    - durasi penampilan "Ada yang baru" dibatasi di blog yang dituju. Untuk mengujinya, cek blog lain yang menggunakan link kita di blogrollnya, apakah masih sama dgn yang kita lihat sebelumnya.

    Bila masih bermasalah, coba hapus link dan tambahkan lagi di Blogrolling untuk mendapatkan data lebih baru di blognya.

    BalasHapus
  11. dulu aku ragu keakuratan 'recently update'nya.. coz kayaknya cuman ngefek ke pengguna blogger aja. tapi skg kayaknya pengguna wp pun udah terdeteksi juga.. hekekeke

    BalasHapus
  12. Bisa jadi nih, sempet ada masalah untuk pengguna WP, seperti beberapa blog yang beralamat di blogsome yang notabene menggunakan tenaga wordpress juga terhitung lama untuk dianggap memiliki postingan baru meski nyatanya baru saja diupdate blognya.

    BalasHapus
  13. salam kenal mas
    mas saya baru belajar blog nih..masih bingung cara ngatur tampilannya.masih acak acakan mas..ajarin dong mas..hehe

    BalasHapus
  14. halo yudhie...
    salam kenal kembali...
    boleh lebih spesifik masalah penataan di bagian mana, ditunggu....

    BalasHapus
  15. oh iya blogrolling sekarang lagi ga bisa tu, katanya mau di update jadi BR2 dan di release tanggal 2 maret, kalo kang Agus Update blogrolling lewat mana yah

    BalasHapus
  16. saya bingung kang dengan blogrolling ini..
    "recent update"nya kok rada acak-acakan ya?

    saya udah coba hapus cache, add link ulang, tapi tetep aja urutannya acak-acakan, ngga sesuai dengan ke-recent update-an nya.
    Saya coba fitur "Ping Blogroll" ke beberapa situs yang saya link, situs tersebut langsung dikategorikan sebagai baru saja diupdate, padahal sama sekali ngga ada update.. Tapi begitu suatu situs buat update, link nya malah tetep di bawah, ngga naik ke atas.

    lihat di settingan blogrollingnya, sortingnya juga udah dibuat "Recent"

    mengingat artikel ini juga dipost tahun 2008, ada perkembangan terbaru di blogrolling atau gimana?

    trims. :)

    BalasHapus
  17. saya udah lama ga pake blogroll, jadi belum ada kaba terbaru darinya. buat yg baca nih, siapa bisa bantu Mas Tembra?

    BalasHapus

Kamu bisa dapetin ilustrasi wajah yang sesuai dengan wajah kamu di moselo.com/Bikingemeys. Jangan lupa ada promo jika pesan dari aplikasinya langsung.

Postingan Populer