Pengikut

03 Januari 2008

Blogrolling : Layout Problem

Blogrolling, nama domain yang sangat lekat dengan istilah blog. Kosakata seperti blog roll, blog walk(ing) hingga blog widget sering mondar mandir di halaman blog yang bisa kita sambangi. Maka tak luput bila nama-nama situs yang menggunakan domain yang mengangkat kegiatan blog menjadi begitu booming. Wah, ini kesimpulan yang sangat membantu nih terutama buat mereka yang bingung mencari nama domain buat blognya .

Blogrolling yang edittag gunakan ini adalah sebuah layanan manajemen tautan (link) yang terbilang sangat membantu pengelola blog. Layanan serupa juga bisa kita dapatkan di dalam blogspot atau wordpress. Hanya saja ini adalah layanan dari luar penyedia blog yang sangat fleksibel untuk diaplikasikan.

Mungkin bagi pengguna elemen halaman “Daftar Link” pada blogspot pernah mengalami masalah saat penggantian layout. Kala itu, elemen halaman ini sering menjadi “duri dalam daging” karena elemennya terkadang tak segera menyatu dengan layout baru. Atau juga bagi yang memiliki tautan yang superbanyak, eksekusi pemindahan layout akan lebih sering mengalami masalah disebabkan koneksi internet yang kurang mendukung. Malah lebih sering berujung pada permintaan blogger untuk melaporkan kesalahan yang akhirnya kita temui. Kenapa ya blogger tak semulus usaha wordpress saat penggantian tema?

Nah blogrolling ini bisa menjadi solusi yang meniadakan masalah tersebut. Selain rancangannya yang hanya menyetorkan kode HTML yang bisa dipasang dengan mudah di blog, ada juga beragam pilihan yang sayang untuk dilewatkan. Mulai dari pengurutan tautan sesuai bentuk-bentuk lucu yang disediakan, urutan berdasar abjad, pemunculan kumpulan tautan secara acak, hingga fitur yang edittag sukai : memberitahukan blog mana saja yang baru saja diperbarui. Sungguh tak perlu buka feed reader untuk sekedar menjawab rasa penasaran akan blog mana saja yang telah dipersegar.

Satu-satunya kendala yang terlihat menggangu adalah saat kita memilih untuk menampilkan semua tautan. Bila pilihan ini diambil, efeknya bisa merepotkan. Semua tautan akan tampil tanpa sekat ukuran ruang. Imbasnya, sidebar akan terlihat lebih panjang. Jelas bisa memperburuk tampilan blog.

Untuk mengakali hal ini, gunakan tag div dengan atribut : overflow: auto; height: 300px; width: 150px;" dan tutup dengan /div.

Gunakan kode tersebut untuk mengapit kode pemberian blogrolling. Contoh jadinya adalah :

<div style="overflow: auto; height: 300px; width: 150px;"><script language="javascript" type="text/javascript" src="http://rpc.blogrolling.com/display.php?r=123456789"></script></div>.

Kasus diatas untuk ditata dalam tampilan wadah berukuran tinggi 300 dan lebar 150.
Maka tak perlu takut lagi sidebar makin meluber kan 


Kabarkan ke teman blog ini

Free Tell-a-Friend by Bravenet.com