Pengikut

13 Februari 2008

Blogger : More Identity Option on Commenting Page

Butuh waktu lebih dari 2 bulan 5 hari untuk memastikan fitur Open ID diberlakukan secara global oleh pihak Blogger.com. Dengan kepastian ini, pengguna blogger ataupun pengisi komentar di blogger kini memiliki beragam pilihan untuk menentukan profil atau identitas yang dipakai dalam penulisan komentar.

Atau mudahnya begini, saat ini ada ikon-ikon tambahan yang ditempelkan di bagian bawah kotak komentar di blogger. Ikon-ikon ini merupakan perwakilan masing-masing Open ID yang terkemuka di dunia blog. Sebut saja mulai dari Wordpress, LiveJournal, TypeKey maupun OpenID lain. Sekedar info, saat peluncuran pertama bulan Desember fitur ini hanya bisa ditemui di Draft Blogger. Itupun pemunculan pilihannya tak semanis saat ini dengan ikon-ikon yang lebih familiar dan mudah dikenali.

Lalu apa keuntungannya bila kita gunakan fitur baru ini? Tentu mau tak mau kita akan menempatkan pilihan Open ID di lembar komentar kan? Nah, dengan ini maka rekan sesama pemilik blog diluar hostingan di Blogger.com akan dengan mudah menentukan idenatitas mana yang akan digunakan. Anggap begini, teman kita sudah "terlanjur" log in di Wordpress.com sebelumnya. Maka saat dia mengunjungi blog yang beralamat di blogspot.com lalu dia tertarik menitipkan komentarnya, secara langsung dia akan bisa membubuhkan profil wordpressnya. Hal yang berbeda dengan sebelumnya saat dia berada di pilihan yang lebih terbatas dengan mesti log in dengan akun blogger. Ayo lah, tak semua pemilik blog ngendon di blogspot.com kan?, tentu ini artinya sekali merengkuh dayung dua tiga blog terlampaui kan :)

Lalu memangnya kenapa dengan profil wordpress lalu pemiliknya bisa menitipkan komentar di blog kita yang beralamat di blogspot? tentu ada. Dengan pencantuman profil ini, maka kita bisa langsung memastikan bahwa memang pemilik profil tersebut yang menuliskan komentarnya. Asumsinya begini, kadang kala kita menemukan nama (yang lengkap dengan link blognya) di lembar komentar. Selanjutnya bisa jadi pertanyaan "Apakah kita yakin memang penulis komentar adalah orang yang sama dengan pemilik blog yang ditautkannya?" Bisa jadi tidak kan? sebab memang blogger sempat membuka opsi Nama/URL saja hingga bisa jadi ada tangan iseng atau lebih parahnya lagi spammer yang berlindung dibalik nama orang yang sudah kita kenal.

Segi keamanan tentu menjadi semacam tambahan jaminan dengan fitur ini. Intinya, tak bakalan rugi kok memanfaatkan pilihan ini.





Kabarkan ke teman blog ini

Free Tell-a-Friend by Bravenet.com