Pengikut

25 Februari 2008

Spam : I Wish Blogger Have Antispam

Lagi-lagi ulah spam. Hampir duapuluh lima pesan spam masuk ke komentar edittag pagi ini. Hebatnya lagi waktu yang dibutuhkan untuk mengirimkan pesan spam tersebut hanya butuh kurang lebih setengah jam. Mulai pukul 07.25 hingga 08.08. Alias, satu pesan spam masuk per1 menit! Rasanya koneksi yang digunakan juga jarang ditemukan di log edittag. Lalu bila ditengok link yang ditinggalkan, situs ini berbahas asing. Kemungkinan pihak di luar Indonesia yang sengaja melakukannnya.

Mestinya kemungkinan ini memang terbuka lebar saat edittag memutuskan untuk membuka pintu bagi "Siapa pun - termasuk Pengguna Anonim" untuk turut serta berkomentar di postingan edittag manapun. Tapi diterimanya 25 pesan spam tersebut tentu diluar dugaan.

Pengalaman sebelumnya, paling hanya 5 pesan spam yang masuk. Itupun juga masih mendingan. Pengirim spam hanya menuliskan pesannya pada 5 postingan yang muncul di halaman depan saat itu. Trik yang sama juga digunakan kali ini. Hanya saja metodanya diperluas dengan secara acak mengirimkan pesan ke postingan-postingan lama. Sepertinya juga tak bisa dibilang acak, melihat postingan-postingan yang dipilih adalah postingan yang memiliki potensi tinggi untuk dilirik di mesin pencari google.

Dilihat dari modusnya, memang pengirim spam ini tergolong cerdas untuk menyeleksi postingan mana saja yang kiranya memiliki andil menaikkan trafiknya ke situs yang dia buat. Enam belas link ditautkan di dalam pesan komentarnya, yang dibuat beda masing-masing nama link, namun semuanya mengarahkan ke situs yang sama.

Untuk menghindari pengiriman pesan spam seperti ini, tak ada cara lain selain memberikan pengaturan komentar. Kini anonym tak lagi diijinkan mengirimkan pesan disini. Maaf sekali teman, tapi selama tak ada pengatur pesan spam di blogger (seperti yang bisa ditemukan di wordpress dengan akismet spam) maka pengaturan ini sepertinya akan berlaku lama. Dan bukankah dalam lembar penulisan komentar blog ini sudah diperingatkan untuk tidak menuliskan pesan spam didalamnya? Upss....memang pernyataan ini ditulis dalam Bahasa Indonesia, jadi sepertinya memang (sekali lagi) orang luar nih yang tak paham pesannya :D

Dua catatan penting yang bisa saja timbul saat edittag menghapus pesan spam satu persatu adalah, adanya usaha menaikan trafik blog dengan membuka postingan satu persatu dan juga ditengarainya blog ini mengandung kata-kata pornografi hanya karena ada tulisan tak senonoh berulang-ulang bila tak segera dihapus. Wah bisa berabe kan bila blog di blokir justru bukan ulah kia sendiri. Jadi bila ingin aman, sangat disarankan untuk memberikan pengaturan yang lebih bertanggungjawab pada blogger.




Kabarkan ke teman blog ini

Free Tell-a-Friend by Bravenet.com