Pengikut

Spam : I Wish Blogger Have Antispam

Lagi-lagi ulah spam. Hampir duapuluh lima pesan spam masuk ke komentar edittag pagi ini. Hebatnya lagi waktu yang dibutuhkan untuk mengirimkan pesan spam tersebut hanya butuh kurang lebih setengah jam. Mulai pukul 07.25 hingga 08.08. Alias, satu pesan spam masuk per1 menit! Rasanya koneksi yang digunakan juga jarang ditemukan di log edittag. Lalu bila ditengok link yang ditinggalkan, situs ini berbahas asing. Kemungkinan pihak di luar Indonesia yang sengaja melakukannnya.

Mestinya kemungkinan ini memang terbuka lebar saat edittag memutuskan untuk membuka pintu bagi "Siapa pun - termasuk Pengguna Anonim" untuk turut serta berkomentar di postingan edittag manapun. Tapi diterimanya 25 pesan spam tersebut tentu diluar dugaan.

Pengalaman sebelumnya, paling hanya 5 pesan spam yang masuk. Itupun juga masih mendingan. Pengirim spam hanya menuliskan pesannya pada 5 postingan yang muncul di halaman depan saat itu. Trik yang sama juga digunakan kali ini. Hanya saja metodanya diperluas dengan secara acak mengirimkan pesan ke postingan-postingan lama. Sepertinya juga tak bisa dibilang acak, melihat postingan-postingan yang dipilih adalah postingan yang memiliki potensi tinggi untuk dilirik di mesin pencari google.

Dilihat dari modusnya, memang pengirim spam ini tergolong cerdas untuk menyeleksi postingan mana saja yang kiranya memiliki andil menaikkan trafiknya ke situs yang dia buat. Enam belas link ditautkan di dalam pesan komentarnya, yang dibuat beda masing-masing nama link, namun semuanya mengarahkan ke situs yang sama.

Untuk menghindari pengiriman pesan spam seperti ini, tak ada cara lain selain memberikan pengaturan komentar. Kini anonym tak lagi diijinkan mengirimkan pesan disini. Maaf sekali teman, tapi selama tak ada pengatur pesan spam di blogger (seperti yang bisa ditemukan di wordpress dengan akismet spam) maka pengaturan ini sepertinya akan berlaku lama. Dan bukankah dalam lembar penulisan komentar blog ini sudah diperingatkan untuk tidak menuliskan pesan spam didalamnya? Upss....memang pernyataan ini ditulis dalam Bahasa Indonesia, jadi sepertinya memang (sekali lagi) orang luar nih yang tak paham pesannya :D

Dua catatan penting yang bisa saja timbul saat edittag menghapus pesan spam satu persatu adalah, adanya usaha menaikan trafik blog dengan membuka postingan satu persatu dan juga ditengarainya blog ini mengandung kata-kata pornografi hanya karena ada tulisan tak senonoh berulang-ulang bila tak segera dihapus. Wah bisa berabe kan bila blog di blokir justru bukan ulah kia sendiri. Jadi bila ingin aman, sangat disarankan untuk memberikan pengaturan yang lebih bertanggungjawab pada blogger.




Kabarkan ke teman blog ini

Free Tell-a-Friend by Bravenet.com

9 komentar:

  1. Wah mas aku kira di kirim $$$ lagi dari om google ga tahunya kok di kirimi spam...he..he..!!

    BalasHapus
  2. Hehehe...doanya bagus nih, berharap dikirim $$$ :)
    Namun sepertinya nih, antara pengiriman dollar dan penerimaan spam memang seperti berkejar-kejaran.
    Blog yang maraih sukses dengan dollar biasanya adalah yang termasuk padat arus trafik yang masuk kedalamnya, dan kenyataan ini juga yang dilirik spam untuk ikut serta meramaikan.

    Sayangnya blogger masih minim nih fitur untuk mengalahkan spam. Jadi berharap nih moga postingan ini bisa menggelitik blogger untuk menyediakannya di masa mendatang.

    Lagian pasti lebih mudah dalam perawatan bila blog kita ada fitur semacam itu didalamnya :)

    BalasHapus
  3. Aslkm...spam memang bikin sebel ya mas...

    BalasHapus
  4. wallaikumsalam....iya nih....dia hanya butuh 30 menit utk kirim 25 pesan spam...dan menghapusnya malah menghabiskan 45 menit...:(

    BalasHapus
  5. hehe...cape sama spam kang agus. soal spam emang wordpress lebih unggul kelihatannya

    BalasHapus
  6. setuju kang rohman, moga aja blogger bisa ngerti nih, gmail aja bisa lebih bagus antispamnya, knapa blogger yang sama-sama punya google engga kan?

    BalasHapus
  7. Hal yang sama terjadi pada Blogku kang...duh ngerepotin aja yah....kalau gitu saya juga minta maaf sama sobat-sobat yang sudah friendly dengan blogku.....bukan maksud hatiku melukaimu hehehehe

    BalasHapus
  8. Waduh..cape deh, Span emang menjengkelkan. Semoga saja blogger punya antisipasi secepatnya.
    Bersyukur sekali telah membaca postingan ini.:)

    BalasHapus
  9. amin asnur...moga ada obat mujarabnya ya....

    BalasHapus

Postingan Populer