Pengikut

14 Maret 2008

Blogger : Automagically Use rel="nofollow" on Comment

Menautkan link blog/website pada suatu kata/suku kata dalam postingan punya imbas positif dalam mendongkrak PageRank. Manfaat ini tak sekedar berlaku untuk link eksternal ke suatu blog/website, link internal dengan menautkan postingan pribadi juga punya implikasi yang sama. Lalu mudah ditebak, dengan pengaruh yang cukup kuat ini, kita bisa dengan mudah mengenali tujuan tertentu saat sebuah program di internet berani membayar cukup lumayan untuk blog yang menautkan link tertentu ke dalam sebuah postingan. Tak tanggung-tanggung, mereka terkadang memaksa penulisnya untuk menyebutkan linknya dalam jumlah tertentu untuk sebuah postingan yang dibayar!

Dengan begitu kita setuju untuk memahami kegunaan link dalam sebuah postingan. Memahami bahwa sebuah postingan secara integral juga menyediakan fitur pemberian komentar, pola ini kemudian dianggap mampu merangkul manfaat yang sama bila sebuah link juga ditautkan dalam bagian komentar. Namun apakah benar demikian?

Bagi yang ingin promosi gratis, cara ini memang jelas lebih irit ongkos. Tak perlu mereka menggelontorkan uang untuk sekedar membayar seperti kondisi diatas. Penggiat spam akhirnya banyak menggunakan celah ini. Tentu banyak kita temui kasus-kasus yang serupa dialami rekan blogger, dimana spam membanjiri suatu postingan secara bertubi-tubi. Memberangus aksi spam memang tergolong merepotkan. Dengan ditautkannya link beruntun pada sebuah komentar, para spammer juga berharap agar nilai blognya ikut terangkat dengan cara-cara ini.

Tapi sepertinya harapan demikian sudah bisa diantisipasi pihak Blogger.com. Setiap link yang berada dalam lingkungan komentar, akan secara otomatis dilengkapi dengan kode perintah rel="nofollow". Dengan sentuhan sintak HTML ini, setiap link yang ada didalamnya akan terlempar dari kemungkinan melonjaknya nilai PageRank.

Lalu apa tindakan yang perlu diambil bila ada link yang ada dalam komentar blog di layanan Blogger.com? Mudah saja. Kita akan dengan cepat menyimpulkan ini adalah sebuah komentar spam bila pesan didalamnya mengandung banyak link yang tak berguna. Langsung hapus saja bila pesan seperti ini ditemukan. Lalu bagaimana bila hanya berupa sebuah pesan berikut link ke blog lain untuk keperluan tukar link (link exchange), biarkan saja pesan ini terpampang. Tak perlu repot membuangnya. Toh, ini punya kepentingan beda. Jadi jangan lekas menyangka tindakan ini punya motif tersembunyi untuk turut menaikkan nila PageRank loh ya.....





Kabarkan ke teman blog ini

Free Tell-a-Friend by Bravenet.com