Pengikut

Export and Import blog on Blogger.com

Dulu, edittag pernah menulis bagaimana memindahkan alamat blog dari satu akun blogspot ke lainnya. Bagi yang masih ingat, mungkin ungakapan spontan yang keluar pertama kali adalah : cape deh...

Dengan jalan penuh liku, memang selayakya ada jalur khusus untuk membantu memudahkanya. Nah, sejalan dengan niatan itu, blogger kini juga menyediakan bantuan untuk memudahkan mengatur postingan, menyimpan posting yang telah ada, hingga menyusun posting di blog berbeda kemudian menyatukannya dalam blog terpisah dalam akun yang sama. Wah, panjang ya kalimatnya. Lebih mudah memahami bila terbentur dengan keadaan berikut.

1. Anggap kita memiliki banyak blog dalam akun blogspot. Beda blog dengan beda tema yang ditawarkan. Mungkin suatu saat kita ingin menggabungkannya dalam satu blog agar praktis dalam penyusunanya. Atau juga karena alasan agar blog barunya seakan adalah intisari dari blog-blog yang bejibun sebelumnya. Lalu terbesit niatan untuk membuat blog baru dan mengambil beberapa postingan di blog yang berbeda-beda tadi.

2. Dengan alasan takut akan kemungkinan blognya dibanned, sedangkan jumlah posting lebih dari seratus, tentu tak rela bila semuanya hilang saat google mengetuk palu untuk memblokir blognya. Wah, bisa-bisa nostalgia saat malam-malam dibela-belin menulis posting tinggal sejarah. Tentu tak mau kan? makanya harus ada rencana untuk mengamankan (back up) posting agar lebih tenang kegiatan ngeblognya.

Bila kondisi diatas bisa jadi pemicunya, lebih baik lihat apa yang ditawarkan blogger dalam draft blogger. Ada bantuan untuk membantu menghilangkan kekhawatiran dan membuat acara ngeblog menjadi lebih mudah.

Berikut caranya :

Bila ingin menyimpan posting, maka kita perlu mengeskpor blog. Caranya adalah masuk ke bagian Pengaturan, lalu perhatikan bagian Impor Blog, Ekspor Blog atau Hapus Blog.


Nantinya kita akan menyimpan file dengan ekstensi .xml. File inilah yang menjadi isi dari postingan kita.

Bila ingin membuat blog baru dan menghisap sari-sari posting sebelumnya, maka klik Ciptakan Blog Baru, lalu intip bagian bawah ada Setting Blog Tingkat Lanjut, pilih bagian ini.

Lanjutkan dengan mengunggah (upload) file xml dari blog yang sebelumnya kita impor di halaman selanjutnya.


Artinya, pintar-pintar kita menyimpan, menyusun dan juga menampilkan posting mana saja yang sekiranya perlu. Mudah kan?




7 komentar:

  1. Anonim11:40 PM

    oi mas.. ini gw si you_are_alwas_like_this :D

    wah komentar pertama nih..

    kelar juga blognya yg liatnya sempet setengah.. wakakak..

    ok cukup bermanfaat nih meskipun saya gak punya blog :P..

    thanks..

    BalasHapus
  2. Anonim1:55 AM

    toolsnya menarik tapi masih rada2 telmi :) tapi klo' mindahkan alamat blog apakah langsung terindeks semua halamanx atokah sama aja memulai blog baru?
    makasi kang

    BalasHapus
  3. betul rian, jadi anggap blog baru aja, jadi mulai dr awal lagi...

    BalasHapus
  4. Anonim12:56 PM

    Jadi lebih mudah ya membackup blog di blogspot. ngomong koq belum menggunakan form komentar baru sih mas? lumayan loh udah kayak form komentar wordpress.

    BalasHapus
  5. Anonim12:24 AM

    Ya, backup emang penting banget tuh, buat hindari hal yang tidak diinginkan...hehe

    BalasHapus
  6. betul mad, ndak mau repot ya mesti back up ya,,:)

    BalasHapus
  7. Anonim1:06 AM

    salam
    aku cari ke mana2 ga bisa juga dpt info: apa blog yg basis wp emang ga bisa diimpor ke blogger ya?
    tolong kasih pencerahan dunk
    terima kasih banyakkkk sekali

    BalasHapus

Kamu bisa dapetin ilustrasi wajah yang sesuai dengan wajah kamu di moselo.com/Bikingemeys. Jangan lupa ada promo jika pesan dari aplikasinya langsung.

Postingan Populer