Pengikut

Say Goodbye to Adsense Referrals

Berita duka kembali disampaikan pihak Tim Adsense. Setelah sebelumnya mengubah aturan mengenai iklan referal (refferal ads) yang berimbas pada skema pembayaran komisi, kabar baru dihembuskan terkait posisi produk ini.

Terhitung mulai akhir agustus 2008 nanti, program ini akan ditidakan!, tindakan ini lebih tegas dari perlakuan sebelumnya. Sepertinya pihak Adsense melihat selama kurun waktu 6 bulan terakhir, produk ini kurang menguntungkan. Tentu kenyataan menyebut nama "keuntungan" disini berbanding terbalik dengan posisi mereka yang berstatus publisher.

Pihak Adsense beralasan, semua ini atas pertimbangan optimalisasi produk. Kita mungkin tak bisa melihat statistik atau angka-angka pendukung untuk mengamini opini mereka. Satu hal yang bisa dilakukan adalah , mengikuti aturan main sang pemilik kekuasaan.

Langkah apa yang sebaiknya dilanjutkan guna mengisi kekosongan kemungkinan hilangnya sumber pendapatan dari produk ini? Memaksakan tampilan produk ini di blog kita mungkin tak lagi tepat. Kita hanya diberi waktu 8 minggu ke depan. Terbilang repot relatif tak berfungsi optimal bila menilik performa dan keutungan yang dijanjikan. Konsekuensi logisnya, menggantikan produk ini dengan produk yang lain, semisal dengan Adsense for Content. Tapi ini juga bersyarat, bila produk Adsense for Content yang terpasang selama ini tak lebih dari 3 unit, baru penambahan ini akan efektif. Bila tidak? Terpaksa mesti terima saja. Terlebih kenyataan saat ini iklan adsense di blog bermaterikan bahasa Indonesia kembali sulit untuk dimunculkan.

Sebenarnya pihak Adsense tak menutup peluang usaha ini begitu saja. Itu berita bagusnya. Mereka telah menyiapkan penggantinya. Yakni Google Affiliate Network. Lau berita buruknya, mereka hanya penyiapkan program ini bagi pengiklan yang menargetkan lingkup pasarnya di Amerika Serikat.

Firasat pandai-pandai mengoptimalkan yang ada atau malah berpaling?



13 komentar:

  1. Padahal Aku baru dan mau nyoba :( tp alternatif yg lain mash banyak kan Kang?

    Wah Blogger makin keren aja ya Kang dengan DRAFT'nya apalagi fitur2nya makin bertambah dan bagus2, cuma untuk fitur Import msih kurang sempurna soalnya aku nyoba beberapakali slalu gagal, padahal ukurnnya cuma 2mb. tapi sipp lah untuk fitur exportnya tuk backUp :)

    oia Kang mau usulk neh gmana kalo 'penempatan komentar' di blog ini disimpai di bawah postingan aja jgn popUp [sedikit TAB=irit bandwith] :D

    btw aku newbie neeh Kang tolong dong komentari Blog punyaku dan kalau boleh kita tukar link :D link punya Akang udah disimpan.

    BalasHapus
  2. Nyoba referral atau adsense nih? kan masih ada produk adsense lain yang masih profitable dan pantas dicoba.

    Fitur ini memang belum resmi diaplikasikan di blogger, karena masih dalam tahap uji coba, jadi sangat mungkin ada kemungkinan gagal ditemui disana. Ukuran 2 Mb mestinya memang mudah diimport.

    Usulanya aku pake ya, saat ini bisa diliat fitur komentar di bagian bawah posting.

    Ok, aku link balik ya....salam untuk blogger kuningan....

    BalasHapus
  3. Saya juga mau ucakan terima kasih atas tip n triknya yg sangat membantu blog saya. salam juga buat blogger bandung, suruh mampir ke BlogAdi :D

    BalasHapus
  4. Anonim12:14 AM

    berpaling sih kayanya jangan maz.. kalau masih bisa menghasilkan, apapun dicoba ajah .. ( sotoy yak.. )..

    Ke jawa ada acara apa maz?

    BalasHapus
  5. Anonim7:54 AM

    yayaya, saya juga dapet email pemberitahuannya, dulu saya pasang tapi cuman sekali, soalnya sama sekali ndak nguntungin saya, jadi no worry tetep happy hehe.

    kumaha kang damang? uluh makin top ajah ya sekarangmah :P

    BalasHapus
  6. Anonim2:54 AM

    Mas agus salam kenal y? Kalau sebelumNa ktmu lewat friendster, skarang ktemu di blog.. Oia mas, kira2 nek misale gnti selain adsense, tpi yg bsa bhsa indo 'n income lumayan ikut program yg mana? Mas kalau boleh tukeran link y?

    BalasHapus
  7. Anonim12:28 PM

    Kalo saya memang tidak pernah pake adsense refferal karena tidak menghasilkan apa-apa. Bayangkan sudah banyak yang mengklik adsense refferal saya tapi tidak satupun dibayar oleh Google karena Google baru akan membayar jika yang mengklik tersebut membeli produk.

    Ngomong2 supaya yang tampil hanya iklan dengan bayaran tinggi gima ya kang. Soalnya yang mengklik iklan saya sekitar 25 kali perhari tapi totalnya penghasilan gak sampe $1 perhari

    dari : http://inphones.blogspot.com

    BalasHapus
  8. adsense refferal... jarang make tuch kang. kebanyakan visitor cuman liat liat padahal salah satu syaratnya harus sign up... cape dech... klo AR(adsrefferal) diganti ama layanan baru oke banget tuch

    BalasHapus
  9. mungkin bukan cape (lagian kalo cape bisa dihilangkan dengan tawaran duit kalo daftar), kadang malah aku pikir klik klik ke bagian referral memang lebih sedikit peluang buat diklik.

    moga aja ya penggantinya lebih baik...amin....:)

    BalasHapus
  10. setelah dipikir-pikir lebih baik goodbye adsense juga ah.. ups ini usul kang agus ya.. makasih usulannya

    BalasHapus
  11. usulnya sih lebih tepat untuk mereka yang profit adsensenya mentok, agar mencoba alternatif lain yang bisa menghasilkan, karakter blog memang membawa pengaruh keberhasilan pada suatu program berbayar tertentu..

    BalasHapus
  12. Anonim4:48 PM

    Mas....Agus,terlebih dulu aku mau trim's dulu di komentar mas dan aku ngerasa seneng lho kalo mas mau bikin posting di blog aku. O iya mas, aku kan ikut adsense kalau refferal ads itu apa? sama ga' ama ads for content?

    BalasHapus
  13. referall memang makan banyak tempat y, kalau ditiadakan memang keuntungannya jd berkurang, tp temapat lain bisa sipasang banner kn?? jd akan dapat keuntungan juga kan.Kalau saya lihat di adsense yang baru ada fitur baru yg disebut feeds. Sebenarnya apa sih feeds itu, dan bagaimana cara memasangnya.


    kunjungi blog saya juga y :
    www.someexp.blogspot.com

    BalasHapus

Kamu bisa dapetin ilustrasi wajah yang sesuai dengan wajah kamu di moselo.com/Bikingemeys. Jangan lupa ada promo jika pesan dari aplikasinya langsung.

Postingan Populer