Pengikut

02 Juli 2008

Say Goodbye to Adsense Referrals

Berita duka kembali disampaikan pihak Tim Adsense. Setelah sebelumnya mengubah aturan mengenai iklan referal (refferal ads) yang berimbas pada skema pembayaran komisi, kabar baru dihembuskan terkait posisi produk ini.

Terhitung mulai akhir agustus 2008 nanti, program ini akan ditidakan!, tindakan ini lebih tegas dari perlakuan sebelumnya. Sepertinya pihak Adsense melihat selama kurun waktu 6 bulan terakhir, produk ini kurang menguntungkan. Tentu kenyataan menyebut nama "keuntungan" disini berbanding terbalik dengan posisi mereka yang berstatus publisher.

Pihak Adsense beralasan, semua ini atas pertimbangan optimalisasi produk. Kita mungkin tak bisa melihat statistik atau angka-angka pendukung untuk mengamini opini mereka. Satu hal yang bisa dilakukan adalah , mengikuti aturan main sang pemilik kekuasaan.

Langkah apa yang sebaiknya dilanjutkan guna mengisi kekosongan kemungkinan hilangnya sumber pendapatan dari produk ini? Memaksakan tampilan produk ini di blog kita mungkin tak lagi tepat. Kita hanya diberi waktu 8 minggu ke depan. Terbilang repot relatif tak berfungsi optimal bila menilik performa dan keutungan yang dijanjikan. Konsekuensi logisnya, menggantikan produk ini dengan produk yang lain, semisal dengan Adsense for Content. Tapi ini juga bersyarat, bila produk Adsense for Content yang terpasang selama ini tak lebih dari 3 unit, baru penambahan ini akan efektif. Bila tidak? Terpaksa mesti terima saja. Terlebih kenyataan saat ini iklan adsense di blog bermaterikan bahasa Indonesia kembali sulit untuk dimunculkan.

Sebenarnya pihak Adsense tak menutup peluang usaha ini begitu saja. Itu berita bagusnya. Mereka telah menyiapkan penggantinya. Yakni Google Affiliate Network. Lau berita buruknya, mereka hanya penyiapkan program ini bagi pengiklan yang menargetkan lingkup pasarnya di Amerika Serikat.

Firasat pandai-pandai mengoptimalkan yang ada atau malah berpaling?