Pengikut

16 Juli 2008

Use CO.CC Account to Make It Personal

Ketika beres menyetel alamat blog dari blogspot.com ke domain gratisan co.cc, kustomisasi akan lebih sempurna bial berlanjut ke pemasangan favicon. Keduanya mampu menonjolkan kesan "pribadi" dari sebuah blog yang awalnya hanya gratisan dari blogger.

Coba deh tilik beberapa blog yang sudah mengenakan trik tersebut. Biasanya pula mereka akan lebih cenderung menggunakan tampilan yang lebih jumawa. Tampilan yang biasanya hanya didapat dari penyedia layout yang banyak tersebar di internet.

Gabungan ketiganya memang mampu menjawab beberapa blogger yang punya keinginan memiliki blog sendiri, dengan domain sendiri dan tampilan yang jauh dari kesan blogger gratisan.

Nah, untuk menyempurnakannya, biasanya ada beberapa tambahan yang perlu dilakukan. Yakni :

1. Menyembunyikan navbar.
Untuk keperluan ini, biasanya kita akan menggunakan kode CSS dengan mengganti beberapa aksesoris dalam sebuah kelas CSS, terutama di bagian #navbar-iframe. Yakni menggunakan tambahakan atribut, yang akhirnya menjadi :
#navbar-iframe {
height:0px;
visibility:hidden;
display:none
}

2. Memasang favicon pribadi.
Untuk keperluan ini, bisa dibantu dengan membuat sebuah file gambar (terutama dengan ekstensi .ico) dan mengunggahnya dengan bantuan googlepages.
Penambahan ini dilakukan dengan memasukan kode HTML (masuk ke Edit HTML) dan menambahkan kode <link href='http://alamatku.googlepages.com/fileku.ico' rel='Shortcut Icon'/> setelah <head>

3. Gunakan layout gratisan.
Pencarian akan mudah dilakukan. Bila menggunakan kata kunci "free layout blogger" akan muncul lebih dari 327.000 website yang bisa dicek. Blogcrowds, eblogtemplates hingga buatan anak bangsa bisa jadi pilihan. Namun ingat, untuk memback-up layout yang dipakai sebelumnya bila memang ada.

4. Gunakan Google Application untuk memiliki email pendukung.
Setelah nama domainku.co.cc dimiliki, pasti juga akan lebih gagah misalnya bila memiliki email dengan alamat aku@domainku.co.cc. Terlebih bila nantinya Inbox email akan memiliki tampilan yang sama dengan gmail. Info bisa dilihat disini.Atau bila takut nantinya email baru akan sering terabaikan, gunakan saja fitur "meneruskan" agar nantinya email dari co.cc bisa diforward ke email aktif yang sering kita cek. Masuk ke bagian Pengaturan -> Meneruskan dan POP/IMAP, dibagian Teruskan, masukan alamat email aktif di bagian "Teruskan salinan pesan yang masuk ke:". Akhiri dengan menekan tombol "Simpan Perubahan".

Wah asyiknya yang punya blog pribadi :)