Pengikut

26 Agustus 2008

Shout for better Page Rank

Tukar link memang penting. Punya potensi strategis untuk mendongkrak reputasi, atau Page Rank untuk singkatnya. Dipercaya atau tidak, memang cara ini terhitung mudah dipahami alurnya. Seperti halnya membangun jaringan. Bila punya pijakan yang kuat (menerima pertukaran link), maka secara perlahan levelpun bisa terangkat. Tak peduli link dari saja,entah dari PR yang lebih besar,lebih kecil atau sama. Sebab banyaknya link yang kita terima tentu punya pengaruh yang kuat untuk mempertegas posisi blog kita.

Jadi, jangan terlalu sibuk untuk menunggu pinangan dari blog dengan PR lebih tinggi menawarkan tukar link di tempat kita (biasanya jarang ya?). Lalu bagaimana dong? Lebih baik gunakan yang anda miliki saat ini. Mengumpulkan link dari teman yang terbilang bernasib sama juga boleh jadi pertimbangan bagus. Modalnya? cukup aktifkan fitur komentar dan juga sediakan kotak berbagi pesan (shoutbox).

Shoutbox memang bisa pengaruh ke nilai PR? Ow, sabar teman! meski tak serta merta menjadi tolak ukur, namun arahan menggapai nilai tinggi bisa diraih dari cara mudah ini.

Coba perhatikan, fitur komentar biasanya lebih sering terisi oleh temen blog yang terbilang rajin berkunjung. Memang mereka menyadari akan perlunya meninggalkan jejak di komentar sebuah posting. Atau bila ada yang terselip nama-nama yang terbilang "baru", tentu kebanyakan didapat dari bantuan mesin pencari seperti Google.

Kelompok kecil ini datang dengan berbekal pencarian topik yang spesifik. Misalnya mereka yang ingin tahu "cara merubah header blogger". Nah, terkadang hasil pencarian google merujuk ke sebuah posting yang ada dalam blog kita. Lalu untuk sekedar berterimakasih atas tulisan kita, seringkali mereka gunakan jalur pengisian komentar ini. Bahkan, saat masih bingung dengan posting yang dia baca, komentar juga dipilih untuk meninggalkan pertanyaan lebih lanjut. Dari kedua pola ini (baik komentator langganan maupun pendatang baru), sangat jarang ditemui keinginan untuk bertukar link (buka berarti tak ada sama sekali loh ya!).

Pemandangan ini sangat berbeda bila menilik pada apa yang biasa ditemui di kotak Shoutbox. Kotak ini terbukti menjadi sasaran empuk para penggiat blogwalking. Kaum yang terbilang haus akan tukar link. Tentu bukan tanpa alasan mereka memilih untuk repot-repot menyambangi blog satu persatu. Dalam perjalanannya, mereka terkadang mengobservasi blog mana yang tepat untuk keperluan tukar link.

Belum lagi menyebut keuntungan lain yang diterima saat mereka meninggalkan link di kotak pesan : yakni mendapatkan kunjungan dari sesama pengisi kotak shoutbox. Ini adalah sebuah bonus yang sering didapat para pengisi setia kotak shoutbox. Mendapatkan kunjungan gratisan, bahkan menemukan teman sesama pencari tukar link. Jadi tanpa perlu mencari, mereka terkadang datang dengan sendirinya membantu pertukaran link.

Jadi jangan abaikan perkara memasang shoutbox ya, bisa jadi kekuatan PR juga ditentukan oleh banyaknya pengunjung yang menitipkan pesannya disana :) (wah jadi menghayal ya)