Pengikut

29 Agustus 2008

Social Networking and Social Benefit

Sejak bertemu dengan Pak Indra, salah seorang pengusaha di bidang media cetak terkemuka, perhatian edittag seperti dikunci ke salah satu tulisan yang sempat dibaca dua hari sebelumnya. Disitu disebutkan angka-angka statistik pergerakan jumlah pengguna jejaring sosial di dunia maya yang luar biasa peningkatanya.

Sebut saja mulai facebook,tagged,atau yang paling populer di Indonesia : Friendster. Siapa sih yang tak pernah ditanya alamat friendsternya ketika bertemu di dunia maya. Sekalinya gabung, pasti kemudian ada teman yang mengajak untuk bergabung ke facebook,tagged atau yang lainnya. Bahkan situs begini yang dibayarpun tersedia. Dari hanya sekedar melihat profile, kirim pesan, tulis buletin, semuanya diganjar dengan uang. Sebegitu menarikkah dunia ini?

Bila menilik angka-angkanya jelas. Jumlah pengguna yang bergabung pun diyakini bakal bertambah tiap harinya. Lalu apa istimewanya membicarakan hal ini? Bagi mereka yang bernaluri bisnis jelas bagai menemukan tempat mainan baru. Begitu juga dengan rencana Pak Indra yang ingin mempopulerkan salah satu situs yang sedang dibidaninya.

Cukup lah edittag kompor-kompori dengan memperlihatkan iklan-iklan yang berebut tampil di friendster. Atau juga kabar-kabar di dunia selebritis yang mengusung friendster sebagai tempat berbagi kabar dengan fansnya. Cara berkomunikasi 2 arah yang diusung memang bisa lebih efektif dari sekedar penyampaian informasi lewat website resminya. Dengan sekali tulis, pesan bisa langsung tersampaikan ke anggotanya. Mudah, praktis dan juga sangat efektif.

Lalu bila kita berpikir untuk memasang iklan disana,tentu kita harus punya kantong cukup tebal. Untuk langkah mudahnya, biasanya langkah yang mudah adalah dengan bergabung dengan layanannya. Ajak sebanyak mungkin teman untuk bergabung,lalu kembangkan promosi dengan menggunakan layanan fitur yang ada.

Masih belum terlalu banyak pengusaha yang melirik lahan ini.Padahal dengan pendekatan komunikasi yang berbeda,hasilnya pun lebih mudah untuk dibandingkan. Pendekatan yang terbilang irit, hanya modal koneksi internet,membangun jaringan, lalu memberikan rekomendasi. Rayuan efeketif kan salah satunya dar temen yang biasa kita ajak ngobrol, termasuk dari temen yang membaca profil kita di dunia maya.