Pengikut

19 September 2008

Gunakan Time sebagai Keyword di Google

Bagi yang keseringan online seperti edittag, browser sudah jadi makanan tiap saat, meskipun di kala puasa seperti saat ini. Jadi terkadang saat menerima telepon dan tiba-tiba merasa perlu mencatat nomer, serta merta mouse bertengger di bagian penulisan alamat di browser, sembari menuliskan nomer yang perlu dicatat.

Kegiatan tersebut makin menjadi tatkala mengetahui bahwa apa yang kita ketikan disana, saat di enter, lalu dijadikan hasil pencarian oleh Google, muncul jawaban yang bisa sangat membantu. Misalnya saat menerima email dari paypal dan menyebut angka dolar, lalu penasaran akan kurs saat itu, tinggal klik di pencarian google dengan kata kunci "dollar to rupiah". Atau seperti sore ini, guna menghitung biaya tiket untuk mudik (dasar ga jago matematikanya, atau terlalu males menghitung), akhirnya menuliskan keyword "3*140" hanya untuk mengetahui jumlah yang harus dibayar untuk menebus 3 tiket bis seharga Rp. 140.000 perkursinya.

Terkadang saat menulis posting di blog dan menemukan penanggalan atau waktu yang kurang tepat, pencarian google dengan keyword spesifik juga masih dibutuhkan. Coba perhatikan, bagi yang belum melakukan seting atau pengaturan waktu di blognya, maka secara default penulisan jam bahkan tanggal bisa saja mengikuti waktu Internasional, bukan pencatatan waktu di Indonesia yang sesuai dengan saat posting dipublikasikan.

Jadi jangan heran, bagi blogger yang terbiasa menulis draft di postingnya, lalu mencoba melanjutkan diwaktu lain, penanggalan ini bisa semakin kacau. Terkadang posting masih dianggap sebagai posting yang harus dipublikasikan di waktu yang akan datang. Jadi, meski kita sudah klik "Mempublikasikan Posting", tetap saja posting tak muncul di halaman blognya.

Nah, makanya penting nih untuk melakukan penyetelan di blognya. Untuk menyeting waktu di blogger, coba tuju bagian "Pengaturan", klik tab "Format" dan di bagian Zona waktu, pilih (GMT+07.00)Jakarta (bagi yang berdomisili menggunakan WIB tentunya).

Untuk melakukan pengecekan apakah waktu sudah tepat, kita bisa gunakan bantuan mesin pencari Google dengan mengetikan keyword "time". Ups, lupa, bila hal ini dilakukan dengan bantuan google.co.id hasilnya tak langsung muncul. Gunakan google malaysia, google.com.my, maka hasilya bisa seperti :

Awas, jangan sampai salah waktu di blognya ya!