Pengikut

Perlukah Blog dengan Dual Language?

Setujukah bila blog edittag berbahasa Inggris?

Pertanyaan ini bukan sekedar sok-sokan merasa mampu untuk menulis posting dalam Bahasa Inggris. Bukan pula mau dipake main review yang biasanya mensyaratkan bahasa Inggri sebagai pengantarnya.Bukan pula karena postingnya cocok banget sama haya tulisan orang Filipina.

Eit, ko jadi ngelantur. Jangan tuduh yang macam-macam dulu ya. Begini ceritanya :

Sudah beberapa kali ada pemberitahuan komentar yang masuk di blog edittag dengan kalimat yang nyaris seragam "I can not understand your language". Terakhir sabtu lalu di posting tentang Read more di Blogsome. Pasti masalah bahasa yang menjadi pertanyaan. Biasanya terkait dengan pengunjung blog yang menemukan blog ini dari mesin pencari, kemudian "tertipu" melihat judulnya lalu baru sadarlah bahwa mereka tersesat saat membaca isi postingnya berbahasa Indonesia (paling tidak SEO-nya jalan dulu ya ;)).

Bagi yang mengamati blog ini dari awal-awal, atau paling tidak pernah mengunjungi blog ini satu bulan sebelumnya, judul posting di edittag memang sering menggunakan Bahasa Inggris. Ada alasan knapa menggunakan kombinasi judul dan isi posting dengan bahasa yang berbeda. Bahkan sempat dicurigai hanya karena memburu Adsense.Memang sih,saat Adsense masih sudi dimunculkan di blog Bahasa Indonesia, edittag termasuk yang ketiban "durian runtuh" dengan kemurahan hati Google Adsense.

Meski beberapa bulan kemudian edittag mencoba menulis dengan judul yang dikondisikan ke bahasa Indonesia, komentar yang mengingikan pemakaian bahasa Inggris juga masih mengemuka. Bang Dhika dulu juga sempat memberikan nasihat untuk membuat versi Bahasa Inggris agar lebih tak merepotkan pembaca yang terlanjur nyasar ke blog ini.Lihat disini, atau disini.

Namun apakah relevan bila dipaksakan ke Bahasa Inggris? karena hanya ada beberapa posting di blog ini yang memang mendapat peringkat bagus di mesin pencari non-Indonesia. Bagaimana bila ada dua pilihan? Hm, sayang blogger tak diberikan widget pendukung kebutuhan ini dari sekian banyak pilihan widget yanga ada. Bila menggunakan layanan dari excite juga masih belum bisa menjawab persoalan ini.

Menurut kamu format seperti apa yang cocok agar mereduksi permintaan pembaca yang bermasalah dengan bahasa Indonesia? ataukah di hiraukan saja sudah menjadi jawaban yang pungkas? Dan diperbesar tulisan di Profilenya bahwa Blog ini dimiliki oleh orang Indonesia?


14 komentar:

  1. Anonim9:12 PM

    bikin dua aja mas versi indo ma versi english hehehe ! salam mas agus

    BalasHapus
  2. iya ni,paling terpisah,biar beda kontent, cuman nanti link bahasa ingrisnya dipasang di blog indonesia pada tiap postingnya ya...begitu juga sebaliknya

    BalasHapus
  3. Anonim10:21 PM

    Maaf aku masih rada bingung sama adsense,edittag,dll. Maklum baru seminggu ngeblog iseng share koleksiku, eh gak taunya bisa jadi uang, dollar hehe..
    Bisa dijelasin lebih spesifik,mas?
    Mohon tips dan trik-nya. Makasih banyak,mas.

    BalasHapus
  4. Anonim8:21 AM

    Saya juga sempat dalam dilema menulis blog berbahasa Indonesia atau Inggris. Bahasa Indonesia, karena semua teman saya dari Indonesia dan saya tidak ada kenalan dari luar negeri, kalau menulis dengan bahasa Inggris, karena saya ingin mendapat keuntungan ganda dengan berlatih menulis bahasa Inggris. Sempat keluar keputusan artikel bahasa Inggris di perbanyak di banding bahasa Indonesia, namun keputusan terakhir, saya perbanyak artikel berbahasa Indonesia, karena artikel bahasa inggris nya hanya sedikit reply nya dan seperti nya kurang manfaat karena kurang di baca, karena kebanyakan pengunjung nya orang Indonesia (Mereka, termasuk saya tentu lebih suka membaca di dalam bahasa Indonesia di banding bahasa Inggris atau sebagian kurang fasih membaca di dalam bahasa Inggris).

    Saat ini yang saya terapkan dual language pada artikel yang berbeda, bukan terjemahan.

    BalasHapus
  5. Anonim11:35 AM

    ehem...mas agus..ada oleh2 di blogku..mampir ya

    BalasHapus
  6. maaf istifajar, tugas PRnya ga bisa dikerjain, mohon maaf sekali lagi ya...

    BalasHapus
  7. Anonim10:36 AM

    Bos thanks bgt infonya...sangat bermanfaat bagi newbie kaya aku..thanks y bos...

    BalasHapus
  8. informasi yang sangat mencerahkan nih mas... Thanks...

    BalasHapus
  9. IMHO ,
    Kelihatannya opsi memberikan link ke English version lebih masuk akal mas. Di awal artikel di tulis aja " This artikel use Indonesia, if you want read in English please go to ..... " Jadi buat wong Londo yang kesasar mereka masih bisa kembalike jalan yang benar dan artikel yang English version juga mendapat kunjungan.

    Salam..

    BalasHapus
  10. ide bagus nih, cuman untuk linknya diarahin kemana ya, link blog lain atau link ke web penerjemah?

    BalasHapus
  11. bos,aku dah pasang link ditempatku,link balik ya boz

    BalasHapus
  12. iya nih saya juga kadang terlalu memaksa banget tapi nda apa2 yang penting di aptove adsense walo kadang ketahuan bahasa indonesia masih muncul di salah satu katanya hehehehe

    BalasHapus
  13. Untungnya ga terlalu dimasalahkan bila masih ditemui beberapa posting yg menggunakan bahasa Indonesia ya :D

    BalasHapus

Kamu bisa dapetin ilustrasi wajah yang sesuai dengan wajah kamu di moselo.com/Bikingemeys. Jangan lupa ada promo jika pesan dari aplikasinya langsung.

Postingan Populer