Pengikut

22 September 2008

Perlukah Blog dengan Dual Language?

Setujukah bila blog edittag berbahasa Inggris?

Pertanyaan ini bukan sekedar sok-sokan merasa mampu untuk menulis posting dalam Bahasa Inggris. Bukan pula mau dipake main review yang biasanya mensyaratkan bahasa Inggri sebagai pengantarnya.Bukan pula karena postingnya cocok banget sama haya tulisan orang Filipina.

Eit, ko jadi ngelantur. Jangan tuduh yang macam-macam dulu ya. Begini ceritanya :

Sudah beberapa kali ada pemberitahuan komentar yang masuk di blog edittag dengan kalimat yang nyaris seragam "I can not understand your language". Terakhir sabtu lalu di posting tentang Read more di Blogsome. Pasti masalah bahasa yang menjadi pertanyaan. Biasanya terkait dengan pengunjung blog yang menemukan blog ini dari mesin pencari, kemudian "tertipu" melihat judulnya lalu baru sadarlah bahwa mereka tersesat saat membaca isi postingnya berbahasa Indonesia (paling tidak SEO-nya jalan dulu ya ;)).

Bagi yang mengamati blog ini dari awal-awal, atau paling tidak pernah mengunjungi blog ini satu bulan sebelumnya, judul posting di edittag memang sering menggunakan Bahasa Inggris. Ada alasan knapa menggunakan kombinasi judul dan isi posting dengan bahasa yang berbeda. Bahkan sempat dicurigai hanya karena memburu Adsense.Memang sih,saat Adsense masih sudi dimunculkan di blog Bahasa Indonesia, edittag termasuk yang ketiban "durian runtuh" dengan kemurahan hati Google Adsense.

Meski beberapa bulan kemudian edittag mencoba menulis dengan judul yang dikondisikan ke bahasa Indonesia, komentar yang mengingikan pemakaian bahasa Inggris juga masih mengemuka. Bang Dhika dulu juga sempat memberikan nasihat untuk membuat versi Bahasa Inggris agar lebih tak merepotkan pembaca yang terlanjur nyasar ke blog ini.Lihat disini, atau disini.

Namun apakah relevan bila dipaksakan ke Bahasa Inggris? karena hanya ada beberapa posting di blog ini yang memang mendapat peringkat bagus di mesin pencari non-Indonesia. Bagaimana bila ada dua pilihan? Hm, sayang blogger tak diberikan widget pendukung kebutuhan ini dari sekian banyak pilihan widget yanga ada. Bila menggunakan layanan dari excite juga masih belum bisa menjawab persoalan ini.

Menurut kamu format seperti apa yang cocok agar mereduksi permintaan pembaca yang bermasalah dengan bahasa Indonesia? ataukah di hiraukan saja sudah menjadi jawaban yang pungkas? Dan diperbesar tulisan di Profilenya bahwa Blog ini dimiliki oleh orang Indonesia?