Pengikut

18 September 2008

Memunculkan Iklan Saat Posting di Klik

Ternyata susah juga bikin judul dalam Bahasa Indonesia seperti diatas. Malah terdengar seperti subjudul di film kartun Sinchan ya :)

Maksudnya begini, pernah perhatiin engga ya, iklan-iklan (dari Adsense misalnya) yang tiba-tiba nongol di bagian atas posting. Kondisi dimana iklan tersebut tadinya tak muncul di posting saat berada di halaman muka blog, bareng dengan posting-posting sebelumnya.

Postingan ini juga dimaksud untuk memperkaya pilihan penempatan iklan seperti yang pernah ditulis sebelumnya, yakni pemasangan iklan adsense di antara posting.

Nah, cara ini selain lebih elegan untuk menyortir iklan yang pemunculannya terbatas (ingat, ada 3 adsense for code yang boleh tampil dalam satu halaman), juga mampu memaksimalkan iklan agar makin banyak muncul di halaman blog. Anggap saja misalnya saat buka http://edittag.blogspot.com, akan ada 3 iklan adsense yang ditampilkan, kemudian saat membuka posting terakhir, maka kuota 3 iklan ini bisa tetap dimunculkan, namun dikondisikan dalam penempatan di postingnya.

Edittag tak memasang iklan Adsense di blog ini, namun usaha yang sama diujicobakan ke iklan lokal terbitan kliksaya.com. Untungnya mereka masih belum memberi batasan jumlah iklan perhalaman. Jadi kita maksimalin yuk!

Untuk memasang iklan di bagian atas posting saat posting dibaca terpisah, maka kita perlu mengedit halaman HTML blognya. Tuju bagian Tata Letak (semua prosedur menggunakan seting berbahasa Indonesia, jadi yang masih pakai bahasa belanda silakan menyesuiakan). Lewatkan bagian Elemen Halaman (karena kali ini tak menggunakan bantuan widget seperti biasanya), Kemudian masuk ke Edit HTML, tak lupa centang bagian Expand Widget (eh ko masih pake Bahasa Inggris juga blognya ya?) dan cari bagian berikut :

<b:if cond='data:blog.pageType == "item"'>
<style>.fullpost{display:inline;}</style>
<p><data:post.body/></p>
<b:else/>
<style>.fullpost{display:none;}</style>
<p><data:post.body/></p>
<a expr:href='data:post.url'>Read More......</a>
</b:if>

Ingat ya, kode diatas ditemui untuk mereka yang sudah mengaplikasikan pemenggalan posting di blognya (untuk info pemenggalan bisa klik di sini). Kemudian tambahkan kode iklan diantaranya. Kode iklan dari Kliksaya misalnya, tertulis dengan warna merah disini.

<b:if cond='data:blog.pageType == "item"'>
<style>.fullpost{display:inline;}</style>
<!-- Begin: KlikSaya.com -->
<script src='http://scr.kliksaya.com/js-ad.php?zid=xxx' type='text/javascript'>
</script>
<!-- End: KlikSaya.com -->

<p><data:post.body/></p>
<b:else/>
<style>.fullpost{display:none;}</style>
<p><data:post.body/></p>
<a expr:href='data:post.url'>Read More......</a>
</b:if>

Kode Kliksaya diatas bisa diganti dengan kode Adsense, atau juga Kumpulblogger atau penyedia iklan lain yang mendukung pemasangan di blognya.

Nah jangan lupa Simpan dan lihat penampilan blognya ya!
Met mendulang uang di Internet.