Pengikut

04 September 2008

Contactify Sang Penghubung

Kadang memang repot ya, menempatkan alamat email di blog. Tadinya berniatan baik, agar mudah dihubungi, ternyata lebih banyak spam yang masuk. Inbox memang makin menggemuk, namun kadangkala dari email yang lebih sering ga ada manfaatnya. Dari judulnya saja mudah ditebak isinya.

Mungkin nasibnya masih lebih mendingan bila menggunakan email menggunakan Gmail. Anti spamnya memang lebih maut daripada Yahoo! Mail. Namun tetap saja, satu dua email masih bisa tembus.

Ada pula yang menggunakan trik menghilangkan link aktif pada alamat email. Jadi tak serta merta alamat email bisa disalin lewat short cut ajaib : klik kanan. Lalu yang lainnya juga ada yang menuliskan alamat email dengan memberikan spasi antara alamat, penanda @ dan alamat domain. Misalnya aku @ domain.com. Niatnya agar tak mudah terekam oleh robot pencari alamat email yang sering bergentanyan.

Nah, bila berkeinginan mencari alternatif lain, agar alamat email tetap aman dari jarahan spam, namun tetap mudah dihubungi oleh pembacanya, coba fitur yang diberikan oleh contactify. Mereka membantu menyamarkan alamat email kita, tapi tetap menghubungkan pesan ke alamat email. Jadi tak perlu menyebut alamat email secara gamblang di blog, cukup arahkan ke contactify.

Hal yang perlu dilakukan adalah mendaftar (tentunya). Hanya perlu alamat email untuk melakukanya. Juga email ini nantinya perlu dicek saat konfirmasi alamat email. Saran : gunakan email yang paling sering dicek (bila memiliki lebih dari satu alamat email). Saran selanjutnya saat akun kita sudah aktif disana, yakni menganti Display Name.

Apakah Display Name? yakni nama yang ditampilkan pada formulir yang akan diakses oleh pengirim pesan. Biasanya nama ini juga berupa nomer acak, jadi dengan penggantian nama ini (misalnya dengan nama blog kita), maka akan semakin mudah terdeteksi sebagai sang pemilik formulir kontaknya. Tentu akan sulit dilacak bila nama pemilik formulirnya masih berupa angka. Ini sama halnya dengan penggunaan nama domain pada alamat IP.

Untuk itu, setelah log in, klik bagian .change display name dan ganti dengan nama yang lebih familiar. Lalu simpan dengan mengklik tombol Change Details.

Nah nantinya bila ada yang mengisi formulir kontak dan menekan tombol 'I Agree, send message' , maka beberapa saat kemudian, pesan tersebut akan masuk ke Inbox email. Untuk membalasnya kita tak bisa langsung balas, tapi klik alamat email yang ditingalkan penulis pesan. Dengan begitu masih email-emailan kan? :D