Pengikut

02 September 2008

Pengikut di Blogspot

Tulisan "Followers" alias pengikut, lekat dengan pengguna Twitter. Coba perhatikan akun twitter masing-masing. Atau kadang tulisan ini juga muncul saat ada temen yang mengikuti celoteh kita di Twitter. Untuk kemudian saat kita menengok Twitter tersebut, ada opsi untuk kita mengikuti celotehnya. Jadi asyik kan bisa saling melirik umpatan, kejadian yang seru, atau kabar yang mengharukan secara lebih mudah.

Mencari pengikut memang bukan monopoli politikus semata. Terlebih sekarang nih saat pendaftaran caleg dibuka. Di dunia jejaring sosial, fitur ini juga mampu menggemakan penyedianya lebih mudah. Tak heran kan bila sudah banyak yang mengetahui lalu bergabung dengan Twitter misalnya.

Di dunia blog, kita mungkin juga pernah membaca tulisan "U comment I Follow". Tulisan yang mungkin dimaknai keliru bila tak menyadari bahwa hal itu berhubungan dengan back link. Atau juga bagi yang menggunakan mybloglog, gadget seperti Recent Reader juga sering terpasang dibagian Sidebar. Atau juga jumlah pembaca yang diadakan oleh Feedblitz.

Kesemuanya memberikan petunjuk yang baik betapa "kaya" nilai sebuah blog bagi pengunjungnya. Kaya dinilai dari aset yang dimiliki, berapa banyak pengunjung yang menyukai blognya. Pengunjung memang aset yang penting. Mungkin suatu saat nanti saat page ranking tak lagi populer, jumlah pembaca jadi penilaian yang positif.


Makanya, gadget baru ditambahkan di Blogspot. Gadget bertuliskan "Followers" atau "Pengikut" (bagi yang menggunakan setelan Bahasa Indonesia) kini mulai tampil di barusan gadget yang tersedia. Namun karena masih sebatas uji coba, gadget ini tak memunculkan tanda plus disebelahnya. Ini berarti belum tersedia secara bebas untuk dipakai.

Padahal aneh juga ya, sebelumnya bila ada tambahan fitur baru, mereka biasa tawarkan di draft. Namun kini langsung muncul (meski tak langsung aktif). Ya, berdoa saja agar gadget ini bisa segera aktif. Dengan begitu, akan muncul dalam Panel Kontrol kita angka-angka yang menyebut jumlah pengikut setia blognya. Itu jelas penyemangat yang bagus agar tak menyia-nyiakan blognya. Ingat loh, tak ada komentar yang masuk bukan berarti tak ada pembaca. Mungkin saja mereka sebatas mengikuti posting kita lewat Google Reader misalnya.

Nah, nantinya gadget ini juga bisa disinkronkan dengan Google reader yang digunakan. Nantinya di google reader akan ada folder khusus bernama "Blogs Im following". Untuk menggabungkannya, cukup klik “tambahkan” pada Panel Kontrol lalu “Import from Google Reader”. Nantinya akan ada banyak yang bisa dilakukan di Panel Kontrol selain hanya fitur baru "sembunyi dan tampilkan" seperti posting yang lalu.

Coba kalau blogger juga menyadur fitur di Multiply ya, agar nantinya setiap ada posting baru juga disebar melalui email ke teman-teman. Jadi 'kan lebih mudah mempopulerkan blog nantinya :D