Pengikut

28 Oktober 2008

Smiley Gratis dari Gmail

Ketika menulis artikel sebelumnya mengenai pembuatan ikon smiley ada harapan agar kreasinya bisa diikuti oleh blogger lainnya. Bukannya berharap banyak, tapi bolehlah sedikit berharap agar posting tersebut dipraktekan oleh pembacanya. Bagaimana mengevaluasi apakah tutorialnya bermanfaat, tentu salah satu indikasinya adalah tingkat penerapan oleh pembacanya. Betul kan?

Bil dilirik lagi, dari 3 langkah yang disebutkan, kesulitan paling kentara adalah pemilihan ikon. Beberapa mungkin menahan tutorial ini dengan pertimbangan menunggu ikon-ikon yang lucu dan menarik. Tentu petunjuk mengenai pembuatan ikon dengan menggunakan bantuan software Adobe Photoshop juga tak terlalu mudah diikuti. Paling tidak membutuhkan penguasaan dasar penggunaan softwarenya.

Pertimbangan lain, dari 2 langkah berikutnya, yakni pemasangan kode di template blog dan juga pengeditan kode javascript bila dibutuhkan tak memerlukan petunjuk lebih lanjut. Paling tidak itu yang terlihat di daftar komentar yang masuk di postingnya.Jadi memang bisa ditarik kesimpulan, ikon gambar menjadi faktor penghambat.

Untuk mencari ikon yang tepat, mengapa tak menggunakan ikon-ikon lucu yang mulai ditawarkan di akun gmail kita? Sejak 23 oktober 2008 lalu, gmail menambah fitur ikon untuk memperkaya tampilan emailnya. Coba tengok ada ikon mungil di editor emailnya :



Nah, muncul kan, gambar-gambar mungil yang warna warni dan tampak lucu? Mengapa tak ambil saja ikonnya, lalu diupload dan pasangkan alamat URL filenya di file javascriptnya.

Untuk mengambil gambar ikon di Gmail ikuti langkah berikut :

1. Klik tombol icon untuk mengaktifkan fitur "Sisipkan Emoticon".
2. Akan muncul jendela dibawahnya berderetkan ikon-ikon yang bervariasi.
3. Dekatkan mouse di ikon yang kita incar, lalu klik kanan dan pilih "Copy Image Location".
4. Paste atau tempelkan mouse di Address Bar pada browsernya, dan pilih Paste, kemudian klik Enter.
5. Akan muncul gambar ikon tersebut di halaman browser.
6. Klik Kanan ikon tersebut dan pilih Save Image As... (untuk pengguna Mozila Firefox). Simpan di folder dan upload di Googlepages seperti petunjuk sebelumnya.

Untuk menyingkat proses diatas, sebenarnya sejak langkah ke 3 dilakukan, boleh saja kita pasangkan hasil URLnya pada javascript di bagian alamat masing-masing URL file ikonnya.

Hasilnya? :)