Pengikut

30 Oktober 2008

Menghilangkan Shoutbox Meningkatkan Jumlah Komentar?

Sejak memutuskan untuk tak lagi memasang shoutbox di blog ini, perlahan pertanda ini mulai membuahkan hasil. Pertanda apa yang dimaksud?

Jumlah komentar yang masuk! Sebelumnya, dengan adanya dua pilihan untuk meninggalkan jejak di blog ini, maka pilihan yang paling populer adalah menitipkan pesan lewat shoutbox. Ayo ngaku, siapa yang tak senang mengisi kotak teriak itu. Selain karena praktis, tak perlu log in misalnya, atau juga karena relatif dengan jumlah pesan yang ingin ditulis, lebih cocok menulis pesan di shoutbox untuk sekedar ber "say hi" atau ajakan untuk bertukar link.

Namun kini, dengan dihilangkannya shoutbox di blog ini, maka tinggal tersisa meninggalkan pesan di halaman Kontak atau juga meninggalkan pesan dalam bentuk komentar. Aliran ini yang membuat jumlah komentar beberapa saat sempat lebih banyak dari biasanya. Meski memang tak jarang, ada beberapa komentar yang memang tak relevan dengan posting yang ditulis.

Apakah itu menggangu? buat edittag sih tidak. Malah terkadang dipikir ada baiknya. Misalnya begini. Ada yang meninggalkan pesan untuk bertukar link di shoutbox, lalu karena tak sempat membaca pesannya, edittag tak merasa hingga ada banyak pesan lain setelah pesan itu masuk ke shoutbox. Akhirnya bisa ditebak, pesan akan "tertelan" di antara pesan-pesan singkat lainnya. Repot kan?

Edittag belum sempat membaca, eh pesan juga sudah harus dibaca di halaman ke sekian di shoutboxnya. Tak efektif menyampakan pesan. Mungkin bila menulis pesan sekedar untuk say hi dengan pengunjung lainnya, mungkin bisa terbaca oleh pengunjung berikutnya. Namun bila yang dituju adalah yang pemilik blog, maka memang akan lebih efektif gunakan kolom komentar dan juga kontak di blog ini.

Apakah ini salah satu saran untuk meningkatkan jumlah komentar? wah boleh juga sih idenya. Pada dasarnya jumlah komentar memang bisa ditentukan oleh jumlah pageview atau pengunjung yang masuk. Jadi tak bisa berharap banyak blognya dikomentarin 50 pengunjung dalam sehari bila kunjungan pun hanya dua digit.

Tapi memang tak ada salahnya untuk menonaktifkan kolom shoutbox di sidebarnya. Coba analisa, apakah ada relevansi antara komentar yang masuk dengan tindakan ini.Tunggu hingga beberapa hari. Bila memang hasilnya menggembirakan, tentu tak ada salahnya dicoba. Toh, pengunjung masih bisa menuliskan sapaan lewat komentar yang tersedia :)

Oh ya, mohon maaf, untuk yang berkeinginan bertukar link dengan edittag, edittag sedang menunggu konfirmasi dari pihak Blogrolling, menunggu kapan mereka bisa pulih setelah serangan hacker itu. Semoga aja bukan karena menghindari isu link farm ya. Bila memang dibutuhkan segera, nanti ada kemungkinan untuk memasang link di luar bantuan blogrolling.