Pengikut

30 Oktober 2008

Menghilangkan Shoutbox Meningkatkan Jumlah Komentar?

Sejak memutuskan untuk tak lagi memasang shoutbox di blog ini, perlahan pertanda ini mulai membuahkan hasil. Pertanda apa yang dimaksud?

Jumlah komentar yang masuk! Sebelumnya, dengan adanya dua pilihan untuk meninggalkan jejak di blog ini, maka pilihan yang paling populer adalah menitipkan pesan lewat shoutbox. Ayo ngaku, siapa yang tak senang mengisi kotak teriak itu. Selain karena praktis, tak perlu log in misalnya, atau juga karena relatif dengan jumlah pesan yang ingin ditulis, lebih cocok menulis pesan di shoutbox untuk sekedar ber "say hi" atau ajakan untuk bertukar link.

Namun kini, dengan dihilangkannya shoutbox di blog ini, maka tinggal tersisa meninggalkan pesan di halaman Kontak atau juga meninggalkan pesan dalam bentuk komentar. Aliran ini yang membuat jumlah komentar beberapa saat sempat lebih banyak dari biasanya. Meski memang tak jarang, ada beberapa komentar yang memang tak relevan dengan posting yang ditulis.

Apakah itu menggangu? buat edittag sih tidak. Malah terkadang dipikir ada baiknya. Misalnya begini. Ada yang meninggalkan pesan untuk bertukar link di shoutbox, lalu karena tak sempat membaca pesannya, edittag tak merasa hingga ada banyak pesan lain setelah pesan itu masuk ke shoutbox. Akhirnya bisa ditebak, pesan akan "tertelan" di antara pesan-pesan singkat lainnya. Repot kan?

Edittag belum sempat membaca, eh pesan juga sudah harus dibaca di halaman ke sekian di shoutboxnya. Tak efektif menyampakan pesan. Mungkin bila menulis pesan sekedar untuk say hi dengan pengunjung lainnya, mungkin bisa terbaca oleh pengunjung berikutnya. Namun bila yang dituju adalah yang pemilik blog, maka memang akan lebih efektif gunakan kolom komentar dan juga kontak di blog ini.

Apakah ini salah satu saran untuk meningkatkan jumlah komentar? wah boleh juga sih idenya. Pada dasarnya jumlah komentar memang bisa ditentukan oleh jumlah pageview atau pengunjung yang masuk. Jadi tak bisa berharap banyak blognya dikomentarin 50 pengunjung dalam sehari bila kunjungan pun hanya dua digit.

Tapi memang tak ada salahnya untuk menonaktifkan kolom shoutbox di sidebarnya. Coba analisa, apakah ada relevansi antara komentar yang masuk dengan tindakan ini.Tunggu hingga beberapa hari. Bila memang hasilnya menggembirakan, tentu tak ada salahnya dicoba. Toh, pengunjung masih bisa menuliskan sapaan lewat komentar yang tersedia :)

Oh ya, mohon maaf, untuk yang berkeinginan bertukar link dengan edittag, edittag sedang menunggu konfirmasi dari pihak Blogrolling, menunggu kapan mereka bisa pulih setelah serangan hacker itu. Semoga aja bukan karena menghindari isu link farm ya. Bila memang dibutuhkan segera, nanti ada kemungkinan untuk memasang link di luar bantuan blogrolling.



30 komentar:

  1. wah patut dicoba nih tipsnya, soalnya selain orang cuma komen di shoutbox, blog jadi berat loadingnya karena si shoutbox itu. tapi ntarlah tak coba, kalo komenya meningkat shoutboxnya di ilangin selamanya, kalo ndak yah shoutboxnya di balikin. :)

    BalasHapus
  2. bener juga nih idenya mas agus...... sip/.

    BalasHapus
  3. idenya bagus juga

    tapi aku masih pikir-pikir hilangin shoutbox

    BalasHapus
  4. Saya juga mengalami hal sama, Kang. Sejak menanggalkan shoutbox dari blog saya, jumlah komentar perlahan-lahan naik karena mau tak mau pengunjung meninggalkan jejak lewat komentar.

    BalasHapus
  5. saya enggak suka tuh, kasih komentar pakai kotak teriak

    BalasHapus
  6. saya setuju, karena yang datang akan fokus pada meninggalkan komentar(biasa biar bisa didatangi kembali blognya) :D
    kita harus selalu berguru ilmu untuk lebih baik

    BalasHapus
  7. Bagus juga idenya mas....

    Mas, mau tukaran link gak?

    BalasHapus
  8. tuker link sama blog mana?

    BalasHapus
  9. Shoutbox emang simply, tapi, coment langsung di postingan pasti akan lebih terfokus pada isi postingan. Ya toh ?? :D

    BalasHapus
  10. Mungkin bener buat yang sudah terkenal alias pagerank tinggi kali ya ?
    Buat yang baru online seperti saya apa aja ditangkep & terima kasih banyak hehe...
    Gimana Bos ?
    (jangan lupa tukeran link ya...Tks)

    BalasHapus
  11. ok wan, nanti aku pasang linknya di tempat lain kalo memang blogrolling masih bermasalah. thx ya!

    BalasHapus
  12. Yups bener sekali tuh bang. Shoutbox cuman jadi penghalang ajah :)
    Thom dukung deh ...

    Paling ndak dengan komen d postingan kesannya 'wah postinganku dihargai'. Beda kalo pasang SB [Shoutbox] gak ada kesannya apa-apa.

    Enaknya lagi, 'kan bisa di dofollow, so ntar bisa membantu yang komen juga :D

    BalasHapus
  13. Berbeda dengan postingan Kang Agus, salah satu blog teman saya Kang Asep punya pendapat lain, postingannya ada di http://asepsaepudin.com/2008/10/30/komentar-ke-blog-dihentikan/
    . Mau nanya Favicon diblogspot sekarang menghilang ya ?

    BalasHapus
  14. masak seh ,tapi masuk akal juga karena hamnya akan ada satu tempat untuk meninggalkan pesan, jadi ya hanya lewat komentar

    BalasHapus
  15. Anonim7:31 PM

    Benar sekali nih..
    mulai awal bulan tadi ..
    gw sudah ngga pasang shoutbox, dengan harapan pengunjung yang memberikan komentar terfokus dengan topik/artikel yg ada

    BalasHapus
  16. Menghilangkan Shoutbox, boleh di coba tuh....!
    biar blognya gak kepenuhan. Wkwkwkwk....!!!

    BalasHapus
  17. Wah bloh juga tuh , dicoba ah>>>

    BalasHapus
  18. wah bisa ikutan aku hilangkan juga nih kang SB ku :) thank infonya

    BalasHapus
  19. kalau saya bersilaturahmi ke blog lain, justru saya mencari shout box, memang sih untuk sekadar say hi (atau untuk berkenalan), karena (kadang-kadang) saya gak sempat membaca tulisan/artikel yang ada di blog tersebut, atau kadang-kadang karena tulisannya tidak difahami jadi bingung mau ngomentarin apa.....

    BalasHapus
  20. Tapi saya kok lebih nyaman pasang SB ya...

    hi..hi..

    Kang ngikut tukar link donk.. blognya sampeyan udah saya link... ^_^

    BalasHapus
  21. ya emang bener sich, itu juga akan memberikan pendidikan kepada masyarakat indonesia utk gemar membaca..salam kenal dari sana..boleh tukeran link mas ??

    BalasHapus
  22. Abang EDITTAG...
    Bikin blog itu bisa dapat uang ya?
    Apa dari pengunjung bisa dapat?
    Atau kalau hanya Pengunjung mengklik iklan kita aja y?

    BalasHapus
  23. hehe salam kenal. ternyata berpikiran sama. akupun udah menghapus shoutbox di blogku. memang komentar lebih sedikit, tapi komentar yang udah masuk ga ilang kan. jadi ada kenang2annya.

    BalasHapus
  24. @PEPENNSMITH : BISA, coba klik kategori moneytize untuk info lebih lanjut, ada program PPC, PTC, afiliasi dll. Dari pengunjung yang klik iklan salah satu contoh diantaranya.

    @rezkizuka : bahkan komentar temen bisa juga terdekteksi google sebagai bagian dari posting kita secara utuh, artinya menguntungkan kedua belah pihak kan?

    BalasHapus
  25. dah terbukti kan? ya kan?

    BalasHapus
  26. wahh.... tp klu buat para pemula, bukankah dengan pemasangan shoutmix or shoutbox or whatwever bisa memperbagus traffik bang???

    iya mungkin buat site satu ini, bsa di bilang pengecualian... tapi buat yg lain???

    mohon pencerahannya..

    BalasHapus
  27. bagi pemula, shoutbox memang sering jadi tempat bertukar salam, hanya saja interaksinya lebih intens di bagian indeks blognya.
    sedang komentar akan lebih menarik untuk meningkatkan page view halamannya, kombinasikan juga boleh, nanti bisa dilihat lagi apakah ada pergeseran minat untuk berkunjung.

    BalasHapus
  28. kunjungi blog gue donx..
    thanx www.fun-komputer.co.cc
    www.galaubanget.co.cc

    BalasHapus

Bisa hubungi saya di twitter dengan mention ke @edittag.
Anda punya website yang ingin di review disini? silahkan email ke agushery@gmail.com