Pengikut

26 November 2008

Atur Sendiri Posisi Blogmu di Google

Begitu banyak blogger yang ingin halaman blognya mendapat tempat mulia di hasil pencarian google. Malah kalau bisa bisa tampil di tempat pertama, di halaman pertama pula! Berlebihan? Tidak, karena memang kita tak bisa hidup tanpanya. Pengakuan di hasil pencarian Google pasti sangat membahagiakan. Google, siapa sih yang tak pernah membuka halaman mereka?

Lalu bagaimana sih biar blognya bisa "nyangkut" di halaman pencarian. Optimasi SEO sudah, rangking bagus, nembak keyword sudah, lalu langkah apalagi ya? Hm, tahukah bahwa bahwa kita juga bisa menentukan sendiri posisinya. Mau di atas? bisa!

Ah yang benar? Iya, coba gunakan fitur baru di Google. Namanya Google SearchWiki. Asyiknya dengan fitur ini, kita selain bisa menaikkan bahkan menurunkan peringkat atau posisi di hasil pencarian, di sini juga bisa memberikan komentar pada posisi yang kita utak-atik hasilnya.

Lebih asyik lagi adalah fitur lainnya : SearchWiki Notes. Dengan pemberian catatan ini, kita bisa memberikan rujukan atas kata kunci tertentu atau juga memberikan referensi web/blog yang lebih relevan. Ini artinya? tak perlu khawatir bila blognya tak terlampir di hasil pencarian, toh kita bisa menambahkan alamat blog kita melalui SearchWiki Notes!

Secanggih itu? tentu tambahan ini perlu dicermati :

1. Hasil pencarian ini hanya berlaku secara personal. Artinya hasil yang kita utak atik posisinya hanya bisa kita lihat oleh kita sendiri melalui akun google yang kita punya. Sedang bagi orang lain, mereka hanya bisa lihat berapa nilai yang telah diberikan oleh pengguna lain.

2. Saat di cek di google.co.id memang belum ada fitur ini. Coba cek dengan google.com. Misalnya edittag mencoba mengetikan kata kunci "contoh banner idul fitri" di google.com. Hasilnya :


Bisa diatur :D